PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN SCRAMBLE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA PADA MATERI POLA BILANGAN KELAS VIII

Siti Karlinawati, Rosmaiyadi Rosmaiyadi, Citra Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran scramble terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa; (2) mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran scramble terhadap respon siswa; (3) mengetahui pengaruh pengunaan model pembelajaran scramble terhadap keterlaksanaan pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Singkawang kelas VIII menggunakan metode ekperimen dengan rancangan berupa posttest only control design. Sampel pada penelitian ini yaitu kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII A sebagai kelas kontrol. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, angket respon siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan yaitu effect size, rerata skor dan dengan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran scramble terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi pola bilangan kelas VIII SMP Negeri 5 Singkawang dengan nilai Effect Size (ES) yaitu 1,75; (2) terdapat pengaruh model pembelajaran scramble terhadap respon siswa yaitu mencapai 76,52% dengan kriteria positif; (3) terdapat pengaruh model pembelajaran scramble terhadap keterlaksanaan pembelajaran yaitu mencapai 86% dengan kriteria sangat baik.

Keywords


Scramble; Pemahaman Konsep Matematis; Respon

Full Text:

PDF

References


Dahar, Ratna. 2006. Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Jakarta: Erlangga

Ekawati, Rosyida dkk. 2013. Studi Respon Siswa dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi Solo. Jurnal Internasional. Universitas Negeri Semarang.

Fitriyani. 2017. Pengaruh Metode Resitasi Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Jurnal. FTMIPA, Universitas Indraprasta PGRI Jakarta.

Hadi, Sutarto. 2015. Pemahaman Konsep Matematika Siswa Smp Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Memeriksa Berpasangan (Pair Checks). Jurnal. Universitas Lambung Mangkurat Banjarmasin.

Isrotun, Umi. 2014. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Penerapan Pembelajaran Realistik. Jurnal. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Juliyanti, Rosmaiyadi & Mariyam. 2018. Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dengan Strategi Pembelajaran Group To Group Exchange Berpendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 1.

Mayasari, Riya. 2016. Pengaruh Metode Scramble dalam Pembelajaran Matematika terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Kediri. Jurnal. Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Rabeka. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Flashcard Terhadap Hasil Belajar Materi Klasifikasi Makhluk Hidup. Jurnal. Universitas Tanjungpura Pontianak.

Sari, Apriliana. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Pada Materi Statistik Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP Ma’arif 1 Ponorogo Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal. Universitas Muhammadiyah Ponorogo.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanto, Herry Agus. 2015. Improving Students’ Activity in Mathematics Communication Trough Metacognitive Learning Approach Based on Lesson Study. Jurnal Internasional. Universitas Veteran bangun Nusantara.

Utami, Citra, dan Rien Anitra. 2019. KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS MAHASISWA DITINJAU DARI KEMAMPUAN AWAL PADA MATA KULIAH MATEMATIKA SD. Jurnal Keilmuan dan Kependidikan Dasar 11.02 (2019): 103-110.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v4i1.2386

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

Editor in Chief: [email protected][email protected] / Wa : +6285347441263

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.