KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA MELALU MODEL MEANINGFUL INSTRUCTIONAL DESIGN (MID) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV)

juang sapurata, Nindy Citroresmi Prihatingtyas, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan koneksi matematis siswa melalui model meaningful instructional design (MID) terhadap kemampuan koneksi matematis siswa, dan motivasi belajar siswa saat pembelajaran dengan model MID pada materi SPLDV dikelas VIII SMP Negeri 11 Singkawang. Jenis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Quasi Experimental Design dengan desain penelitian The Nonequivalent Posttest Only Control Group Design. Instrumen  yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan koneksi matematis siswa, angket motivasi belajar siswa, dan lembar keterlaksanaan model MID. Berdasarkan hasil analisis disimpulkan bahwa; 1) Terdapat perbedaan kemampuan koneksi matematis siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran MID dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran langsung. 2) Pengaruh model pembelajaran MID terhadap kemampuan koneksi matematis siswa tergolong besar. 3) Motivasi belajar siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran MID tergolong tinggi. 4) Keterlaksanaan model pembelajaran MID telah terlaksana dengan sangat baik. 

Keywords


Model Pembelajaran MID, Kemampuan Koneksi Matematis Siswa, Motivasi Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Ainurrizqiyah, Z., Mulyono, Sutarto, H. (2015). Keefektifan Model PJBL dengan Tugas Creative Mind-Map untuk Meningkatkan Koneksi Matematik Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education, 4(2), 173–179.Musriliani, C., Marwan, & Anshari, B. I. (2015). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching Learning ( CTL ) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gender. Jurnal Didaktik Matematika, 2(2), 49–58.

NCTM.(2000). Principles and Standards for School Mathematics.Reston,VA: NCTM.https://ardiyansyahmuhlis.blogspot.com/2015/11/nctm-standard 2000.html?m=1. Diakses 29 mei 2019.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar SMP/MTs.Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Prameswari, G., Apriana, R., Wahyuni, R. (2018). PENGARUH MODEL INQUIRY LEARNING TERHADAP K EMAMPUAN B ERPIKIR K RITIS M ATEMATIS S ISWA P ADA M ATERI F UNGSI K UADRAT K ELAS X SMA. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(1), 35–40.

Siagian, D. M. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika. Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58–67.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sritresna, T. (2015). Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Cooperative-Meaningful Instructional Design (C-MID). Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 38–47.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Musriliani, C., Marwan, & Anshari, B. I. (2015). Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching Learning ( CTL ) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gender. Jurnal Didaktik Matematika, 2(2), 49–58.

Wahyuni, R., & Citroresmi, N. (2019). TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MATEMATIS SISWA PADA MATERI PtLSV KELAS VII SMP NEGERI 8 SINGKAWANG, (September), 62–67.

Citroresmi, N., & Nurhayati (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANs-ENDS ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA (Maret), 13-18.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v4i2.2318

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

Editor in Chief: [email protected][email protected] / Wa : +6285347441263

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.