PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI SPLTV KELAS X MIPA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Student Facilitator and Explaining terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi SPLTV. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan bentuk penelitian Quasi Eksperimen dan desain penelitian Posttest-Only Control Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang terdiri dari 4 kelas dengan jumlah siswa sebanyak 125 orang. Sampel diambil menggunakan purposive sampling dan terpilih kelas XMIPA 2 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X MIPA 4 yang berjumlah 30 siswa sebagai kelas kontrol. Pengambilan data menggunakan instrumen tes kemampuan komunikasi matematis, lembar observasi aktivitas belajar siswa dan angket kemandirian belajar siswa. Tes layak digunakan karena telah melalui pengujian validitas, reliabilitas sebesar r11 = 0,57 , daya pembeda dan indeks kesukaran. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat pengaruh kemampuan komunikasi matematis setelah diberikan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining dengan diperoleh t hitung t tabel(5,69 1,671). Aktivitas belajar siswa setelah diberikan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining memperoleh hasil rata-rata persentase seluruh pertemuan sebesar 81,25% termasuk dalam kriteria. Hasil rata – rata kemandirian belajar siswa dengan model pembelajaran Student Facilitator and Explaining sebesar 44,73 dengan kategori baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Kerja Keras Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning. JPMI ( Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3 (1), 21-25.
Darkasyi, Muhammad. Dkk. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis
Dan Motivasi Siswa Dengan Pembelajaran Pendekatan Kuantum Learning Pada Siswa
Smp Negeri 5 Lhokseumawe. Jurnal Didaktik Matematika. ISSN: 2355-4185. Universitas
Syiah Kuala, Banda Aceh.
Depdiknas. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia
tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta:Depdiknas.
Fitriani, Dulis. (2013). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematik Sisw
Buyung,B.,& Nirawati, R. (2018). Pengaruh Karakter a SMP dengan Pembelajaran Jakarta. Student Facilitator and Explaining. Jurnal Pendidikan Matematika,STKIP Siliwangi Bandung.
Huda, Miftahul. (2013). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jazuli, Akhmad. (2009). Berfikir Kreatif dalam Kemampuan Komunikasi Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. FMIPA: UNY. ISSN: 978-979-16353-3-2.
Lesi,dkk. (2015). Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Struktur Atom Kelas X MIA Sekolah Menengah Atas Negeri 4 Pontianak. Jurnal Ilmiah, Universitas Muhammadiyah Pontianak.
Mufrika, Tika.(2011). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Metode Student Facilitator And Explaining (SFE) Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Di Mts. Manaratul Islam Jakarta. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah.
Prastyo, Eko. (2010). Pengaruh Model Student Facilitator and Explaining terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa materi invertebrate di SMA 1 Boja. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Rizqi, Kartika Sari. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Kemandirian Belajar melalui Penggunaan Model Pembelajaran Student Facilitator and Explaining di Sekolah Menengah Atas. Skripsi. Universitas Pasundan Bandung.
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sardiman, A. M. (2014). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: CV Alfabeta.
Zainab. (2010). Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Guru. SMP Negeri 3 Pemulutan.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v4i1.2256
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
Journal of Educational Review and Research
e-ISSN : 2597-9760
p-ISSN : 2597-9752
Editor in Chief: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285347441263
Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JERR IS INDEXED BY