PENGGUNAAN SELF-EFFICACY TERHADAP PENGAMBILAN KEPUTUSAN SISWA SMP DALAM PENYELESAIAN MASALAH KONSEPTUAL

Nita Puspita Sari, Yudi Kurniawan, Riski Muliyani

Abstract


Terdapat pemahaman konsep yang rendah pada salah satu SMP Negeri di Kota Singkawang, yang ditandai dengan nilai yang jauh dari standar KKN. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) untuk menggambarkan penggunaan self-efficacy terhadap pengambilan keputusan siswa SMP dalam menyelesaikan masalah konseptual; 2) untuk menggambarkan korelasi antara self-efficacy terhadap penyelesaian masalah konseptual siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII di salah satu SMP di Kota Singkawang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah purposive sampling. Objek dalam penelitian ini adalah self-efficacy dan pemahaman konsep. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) bahwa self-efficacy dapat menggambarkan siswa ditandai pada tes kemampuan pemahaman konsep. Implikasi ini dapat dijelaskan dalam beberapa kategori. Kategori self-efficacy yang positif: dua siswa, nilai yang lebih tinggi dan self-efficacy yang lebih tinggi. Kategori self-efficacy yang positif: 1 siswa, nilai yang lebih rendah dan self-efficacy yang lebih rendah. Kategori self-efficacy yang negatif: 1 siswa, nilai lebih rendah tetapi self-efficacy lebih tinggi. Kategori self-efficacy negatif: 3 siswa, nilai lebih tinggi tetapi self-efficacy lebih rendah; 2) hubungan antara self-efficacy terhadap pemahaman konsep masuk pada tingkat hubungan yang sangat erat.


Keywords


Analisis, self-efficacy, pemahaman konsep, pesawat sederhana.

Full Text:

PDF

References


Ahriani et al. (2016). Jurnal Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Makassar Studi Analisis Hubungan Antara Self Efficacy dengan Hasil, 4, 223–238.

Anderson, L. W., & Krathwohl, D. R. (2010). Pembelajaran, pengajaran, dan Asesmen. Pustaka Pelajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Anwar, herson. (2014). Proses Pengambilan Keputusan untuk Mengembangkan Mutu Madrasah Herson Anwar, 8(April).

Arikunto, S. (2015). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Bandura, A. (1998). Self-Efficacy, 4(1994), 71–81.

Cahyani et al. (2020). Pengaruh Penerapan Pendekatan Open Ended terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Self, 3(2), 125–132.

Destiniar, et al. (2019). DITINJAU DARI SELF EFFICACY SISWA DAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE ( TPS ) DI SMP NEGERI 20 PALEMBANG, 12(1).

Golamen, D. (2012). Eco Literate. San Fransisco: Jossey Bass.

Hakasinawati et al. (2017). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia Vol . 2 No . 2 Tahun 2017 PENGARUH KEYAKINAN DIRI , KEMAMPUAN PEMAHAMAN, 2(2).

Hamdani, et al. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VIII Di SMP Negeri 7 Kota Singkawang. Exacta, X(1), 79–88.

Holme et al. (2015). Defining Conceptual Understanding in General Chemistry. Journal of Chemical Education, 92(9), 1477–1483.

Irfan, M. (2014). HUBUNGAN SELF-EFFICACY DENGAN PENYESUAIAN DIRI TERHADAP PERGURUAN TINGGI PADA MAHASISWA BARU FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS AIRLANGGA, 3(3), 172–178.

Koontz. (2010). Manejemen, terj. Yim Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Mayasari, D. et al. (2019). Physics Achievement Test Implies S tudents ’ Self-Efficacy on Decision Making Process, 4(2), 64–69.

Permendikbud. Standart Isi Pendidikan Dasar dan Menengah (2013).

Ridwan. (2012). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: ALFABETA, cv.

Sadiqin et al. (2017). Pemahaman konsep IPA siswa SMP melalui pembelajaran problem solving pada topik perubahan benda-benda di sekitar kita. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 3(1), 52.

Schunk, D. (2012). Teori-teori pembelajaran: perspektif pendidikan. (Translate by Eva Hamdiah dan Rahmat Fajar).

Steiner, A. G. (2010). Kebijakan Strategi Manajemen , terj. Tim Dosen Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Subaidi et al. (2016). Self-efficacy siswa dalam pemecahan masalah matematika, 144–145.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: ALFABETA, cv.

Uno & Koni. (2013). Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis An Analysis of Mathematics Problem-solving Ability and Self-Efficacy Students of Junior High School in Ciamis Regency, 4(2), 166–175.

warsito, hadi. (2009). PEDAGOGI | Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Volume IX No.1 April 2009 29, IX(1), 29–47.

Widiadnyana I, W. et al. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 4(2), 1–13.

Yunianti, E. (2016). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN DAN SELF-EFFICACY TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 1 PARIGI, 8–19.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v4i1.2236

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

Editor in Chief: [email protected][email protected] / Wa : +6285347441263

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.