KORELASI ANTARA POLA ASUH ORANG TUA DENGAN KEDISIPLINAN BELAJAR SISWA KELAS XI DI SMK MUDITA SINGKAWANG

Dian Mayasari, Kamaruddin Kamaruddin, Siau Shiong

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada korelasi antara pola asuh orang tua dengan kedisiplinan belajar siswa kelas XI di SMK Mudita Singkawang. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain koefisien korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMK Mudita Singkawang, sebanyak 207 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling, sebanyak 60 sampel. Metode pengumpulan data menggunakan angket pola asuh orang tua dan angket kedisiplinan belajar. Uji hipotesis dengan bantuan SPSS 24 teknik korelasi Pearsons dengan taraf signifikansi 0,05 dengan nilai korelasional -,268 dan nilai sig. (2-tailed) ,038. Hasil penelitian menyatakan terdapat korelasi antara pola asuh orang tua dengan kedisiplinan belajar siswa kelas XI di SMK Mudita Singkawang, maka Ha diterima dan H0 ditolak.


Keywords


Pola Asuh Orang Tua; Kedisiplinan Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Fellasari, F., & Lestari, Y. I. (2017). Hubungan Antara Pola Asuh Orangtua Dengan Kematangan Emosi Remaja. Jurnal Psikologi, 12(2), 84-90.

Jannah, H. (2012). Bentuk pola asuh orang tua dalam menanamkan perilaku moral pada anak usia di kecamatan ampek angkek. JURNAL ILMIAH PESONA PAUD, 1(2).

Maliki, M. (2017). Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Disiplin Belajar Siswa Di SMPN 7 Kubung. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 5(1), 52-61.

Mawardi, S. (2016). Pola Pendidikan Kyai Abdul Malik Luqoni Pengasuh Pondok Pesantren Minhajut Thullab Sumberberas Muncar Banyuwangi. Jurnal Darussalam: Jurnal Pendidikan, Komunikasi dan Pemikiran Hukum Islam, 8(1), 95-114.

Mufarokhah, S. A. (2015). Hubungan pola asuh orang tua dengan tingkat kedisiplian siswa kelas V MI An-Nashriyah kecamatan Lasem kabupaten Rembang tahun ajaran 2014/2015 (Doctoral dissertation, UIN Walisongo).

Prasojo, R. J. (2014). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS. Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 2(1), 37082.

Sari, B. P., & Hadijah, H. S. (2017). Meningkatkan Disiplin Belajar Siswa melalui Manajemen Kelas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 124-131.

Setianingsih, D. (2008). Perbedaan kedisiplinan belajar siswa ditinjau dari pola asuh orangtua (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Sulistiyowati, (2001). Cara Belajar yang Efektif dan Efisien .Pekalongan:Cinta Ilmu.

Supardi, S. U. (2014). Peran kedisiplinan belajar dan kecerdasan matematis logis dalam pembelajaran matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 4(2).

Widiastuti, N., & Elshap, D. S. (2015). Pola Asuh Orang Tua Sebagai Upaya Menumbuhkan Sikap Tanggung Jawab pada Anak Dalam Menggunakan Teknologi Komunikasi. P2M STKIP Siliwangi, 2(2), 148-159.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v4i1.2201

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

Editor in Chief: [email protected][email protected] / Wa : +6285347441263

Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.