PANDANGAN GURU PRASEKOLAH DI KOTA SURAKARTA TENTANG PERAN MEREKA DALAM KONTEKS PENDIDIKAN INKLUSIF

Rini Setyowati, Anita Wardani

Abstract


Kunci utama dalam keberhasilan praktek pendidikan inklusi adalah peran dan tanggung jawab guru prasekolah. Tindakan yang efektif dalam pengaturan inklusi harus disadari oleh guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi persepsi guru prasekolah tentang peran mereka dalam konteks pendidikan inklusi. Peserta adalah 20 guru prasekolah yang memiliki setidaknya satu siswa berkebutuhan khusus dikelas. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi-terstruktur dengan para guru. Hasilnya adalah guru mengetahui peran dan tanggung mereka dalam pendidikan inklusif, namun mereka memiliki kekurangan yang signifikan dalam pengetahuan dan strategi memadai yang digunakan untuk memenuhi peran mereka. Penelitian ini diharapkan mampu berkontribusi dalam menggali pandangan guru prasekolah terhadap peran mereka dalam konteks pendidikan inklusif serta meningkatkan pengetahuan dan strategi guru dalam memenuhi peran tersebut. disimpulkan bahwa guru kurang memiliki pengetahuan, kesadaran dan keterampilan tentang sifat dan persyaratan pendidikan inklusi. Guru harus dibimbing mengenai peran yang harus mereka jalankan dalam lingkungan inklusif dan keterampilan yang dibutuhkan dalam pelaksanaanya.


Keywords


Pendidikan inklusi, guru prasekolah

Full Text:

PDF

References


Anastasia, V., & Len, B. (1994). Inclusive Education: Teachers and the Changing Culture of Schooling. British Journal of Special Education, Volume 21, No. 3, 105-107

Awal, K. (2017). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Berbasis Inklusi di Taman Kanak-Kanak. Jurnal As-Salam, 1(3), 90-97.

Bodie, Z., Kane, A., & Marcus, A. J. (2002). Investments. Boston: McGraw Hill.

Brav, A., & Heaton, J. B. (2002). Competing Theories of Financial Anomalies. Review of Financial Studies, 15, 575-606.

Cahyaning S., Tri, M. (2016) Pengembangan Model Deteksi Dini Anak Berkebutuhan Khusus Pada Tingkat Pendidikan Anak Usia Dini di Kota Malang. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, Vol. 04, No.01.

Devi, M. (2014). Kesiapan Taman Kanak- Kanak Dalam Penyelenggaraan Kelas Inklusi Dilihat dari Program Kegiatan Pembelajaran. Journal of Early Childhood Education Papers, Vol 1, 1-8.

Garry, H. (2012) Inclusive Education For Children With Special Educational Needs: A Critique Of Policy and Practice In New Zealand. Journal of International and Comparative Education, Volume 1, Issue 1.

Garry, H. (2015). Inclusive Special Education: Development of A New Theory For The Education of Children With Special Educational Needs and Disabilities.British Journal Of Inclusive Special Education, Vol 42, No. 3, DOI: 10.1111/1467-8578.12101.

Gezer, M., S., & Aksoy, V. (2019). Perceptions of Turkish preschool teachers’ about their roles within the context of inclusive education. International Journal of Early Childhood Special Education, 11(1), 31-42. DOI: 10.20489.

Indah, P., & Binahayati R. (2012). Pelaksanaan Sekolah Inklusi di Indonesia. Prosiding KS: Riset & PKM, Vol: 2, 147-300

Marketa, B., & Alison, C. (2013) Continuing Professional Development (CPD) As A Means To Reducing Barriers To Inclusive Education: research study of the education of refugee children in the Czech Republic. European Journal of Special Needs Education. Vol. 28, No. 2, 203–216,http://dx.doi.org/10.1080/08856257.2013.778108.

Masnan, A. H., Anthony, N. E., & Zainudin, N. A. S. (2019). Pengetahuan pengajaran dalam kalangan guru prasekolah. Jurnal Pendidikan Awal Kanak-Kanak Kebangsaan, 8, 33-41.

McGinn, M. K., Roth, W. M., & Bowen, G. M. (1998). How Prepared are Pre-Service Teachers to Teach Scientific Inquiry? Levels of Performance in Scientific Representation Practices. Journal of Science Teacher Education, 9(1), 25-48.

Nurul, K. (2017). Manfaat Program Pendidikan Inklusi Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak, Volume 6, Edisi 1, 12-18.

Okey, A., Teng, L. (2008). Attaining Development Goals Of Children With Disabilities: Implications For Inclusive Education. International Journal Of Special Education. Vol 23, No 3, 1-10.

Suparno. (2010). Pendidikan Inklusif Untuk Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Khusus. Vol.7, No.2.

Suzan, J. (2015). Education For All: A Historical Analysis of International Inclusive Education Policy and Individuals With Disabilities. Journal of Disability Policy Studies, Vol. 18 98–108.

Syafrida, E., & Aryani T. (2013). Sikap Guru Terhadap Pendidikan Inklusi Ditinjau Dari Fator Pembentuk Sikap. Jurnal Psikologi Perkembangan dan Pendidikan, Vol. 2, No. 01, 1-10




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2169

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals

Journal Of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

 

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285347441263

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

  Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.