PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR ANAK SEKOLAH DASAR

Fajar Wulandari

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kajian lieratur, yang mengkaji tentang sumber belajar, terutama lingkungan sebagai media belajar bagi siswa di kalangan sekolah dasar. Lingkungan merupakan objek belajar yang dapat dilihat langsung oleh siswa dan dapat ditunjukan kepada siswa secara langsung pula. pemanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, maka diharapkan dapat membantu dalam peningkatan mutu pembelajaran siswa dalam proses pembelajaran. Sumber belajar sebagaimana diketahui adalah sarana atau fasilitas pendidikan yang merupakan komponen penting guna terlaksananya proses belajar mengajar di sekolah, khususnya di lingkungan anak sekolah dasar. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan oleh peneliti dengan mengumpulkan data sekunder melalui jurnal-jurnal penelitian terdahulu menunjukkan bahwa media ajar melalui lingkungan memberikan rangsangan positif kepada siswa untuk dapat mudah memahami materi ajar khususnya pada materi yang bertema lingkungan dan menunjukkan nilai yang tinggoi pada beberapa jurnal yng dianalisis pada siswa di sekolah dasar

Keywords


Pemanfaatan, Lingkungan, Sumber Belajar

Full Text:

PDF

References


Nana Syaodih. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. PT. Remaja Rosdakarya : Bandung. h.52.

Cooper dan Taylor dalam Mohammad Imam Farisi. 2010. Pengembangan Asesmen Diri Siswa

(Student Self-Assessment) sebagai Model Penilaian dan Pengembangan Karakter. Artikel disampaikan

pada Konferensi Ilmiah Nasional “Asesmen dan Pembangunan Karakter Bangsa” HEPI UNESA 2012.

Irwandi, Fajeriadi Hery. 2019. Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar untuk

Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa SMA di Kawasan Pesisir, Kalimantan Selatan. BIO-INOVED : Jurnal Biologi-Inovasi Pendidikan. Vol. 1, No. 2, 2019.

S Uus Yusmantara. PENGARUH PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEBAGAI SUMBER

BELAJAR IPS TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN PENGEMBANGAN SIKAP KEPEDULIAN SOSIAL SISWA SEKOLAH DASAR. Eduhumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar. Vol 3, No 2, 2011.

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003.tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Ruswandi dkk. (2008). Media Pembelajaran.Bandung:CV Insan Mandiri.

Daryanto. 2016. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media

Hamzah., Mohamad. 2014. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM. Jakarta: Bumi Aksara.

Rachmawati, (2007). Jurnal Teknik analisis data. Jakarta: Salemba Medika. Ardaka, T.A. Bandung:

Karya Putra.

Ulfatin, (2014). Jurnal Metode penelitian kualitatif. Malang: kencana.

Baskoro dalam Hasanah, 2017. Jurnal TEKNIK-TEKNIK OBSERVASI(Sebuah altenative Metode

Pengumpulan data kualitatif ilmu-ilmu sosial). At-Taqaddum, 8(1).

Harahap, (2019): 46-47). Jurnal Pengumpulan data oleh Thalia dkk (2019). STAIN; Sorong.

Bungin, B. (2003). Analisis DataPenelitian Kualitatif: Pemahaman Filosofis dan Metodologis ke Arah

Penguasaan Model Aplikasi.Jakarta:PT.RajaGrafindoPersada.

Rahardjo,M.(2011).Metode pengumpulan data penelitian kualitatif.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals

Journal Of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

 

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285347441263

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

  Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.