FENOMENA GAME ONLINE DI KALANGAN ANAK SEKOLAH DASAR

Mertika Mertika, Dewi Mariana

Abstract


Penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui fenomena game online dikalangan anak sekolah dasar mengenai dampak positif dan negatif game online. Artikel ini merupakan hasil analisis dengan mengkaji literature yang mempunyai kaitan dengan topik pembahasan. Model artikel ini adalah studi literature. Dari hasil analisis dan pengkajian literaur yang dilakukan menunjukkan bahwa, fenomena penggunaan game online dikalangan anak sekolah dasar memiliki dampak postifi dan negatif. Dampak positif game online adalah dapat melatih anak dalam kerjasama, konsentrasi, bahasa inggris, kecepatan, kreativitas, kesenangan, kesabaran, dan mengurangi stress. Sedangkan dampak negatif game online yaitu kecanduan, menimbulkan sikap buruk baik seperti tutur kata yang diucapkan saat bermain dan sikap buruk saat bermain seperti menepuk meja, merampas/mencuri hak orang lain, bermalas-malasan dengan kegiatan lain selain bermain game online.

Keywords


Fenomena Sosial, Game Online, Anak Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Endang Hermawan. (2019). Kecanduan Game Digital Online: Memahami Dampak Kecanduan Game Online terhadap Hubungan Sosial. Jurnal Ilmu Sosial, 2/1 149-162

Eryzal Novrialdy. (2019). Kecanduan Game online pada Remaja : Dampak dan Pencegahannya. Buletin Psikologi, 27/2 148-158

Fahlepi Roma Doni. (2018). Dampak Game online Bagi Penggunanya. Indonesian Journal on Software Engineering, 4/21-5

Irmawati, Firdaus W Suhaeb. (2019). Dampak Bermain Game Online pada Hasil belajar Di SMAN 12 Makassar. Jurnal sosialisasi Pendidikan Sosiologi-FIS UNM 95-99

Nurlaela, Sangkala Ibsik. (2019). Dampak Game Online terhadap Moral anak di Desa Malili Kecamatan Malili Kabupaten Luwu Timur 93-104

Puji Meut, Febry Fahreza, Arief Aulia Rahman. (2020). Analisis Dampak Negatif Kecanduan Game Online terhadap Minat Belajar Siswa Di Kelas Tinggi SD Negeri Ujong Tanjong. Genta Mulia, 9/1 22-23

Rahmad Nico Suryanto. (2015). Dampak Positif dan negatif Permainan game Online dikalangan Pelajar. Jom FISIP, 2/2 1-15

Sulastri Na’ran, M. ridwan said ahmad. (2019). Dampak Game Online pada Peserta Didik Di SMA Negeri 4 Tana Toaraja. Jurnal Sosialisasi Pendidikan sosiologi-FIS UNM, 102-107

Tri Rizqi Ariantoro. (2016). Dampak Game Online terhadap Prestasi Belajar Pelajar. JUTIM, 1/1 45-50

Yayu Anggraini. (2015). Dampak Penggunaan Game Online terhadap Perilaku remaja




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2154

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals

Journal Of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

 

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285347441263

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

  Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.