PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL MELALUI TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA SMPN 3 SINGKAWANG

Dewi Mariana, Mint Husen Raya Aditama, Mertika Mertika

Abstract


Sesuai dengan fokus dan rumusan masalah, tujuan yang ingin dicapai dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa SMPN 3 Singkawang melalui teknik sosiodrama. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Peneliti terlibat secara langsung dari tahap perencanaan hingga selanjutnya peneliti memantau, mencatat, dan mengumpulkan data. Dari hasil pre test dapat diketahui bahwa dari 30 siswa kelas VIII C, terdapat 22 siswa yang memiliki keterampilan sosial dalam kategori rendah, dan 8 siswa yang termasuk dalam kategori sedang. Kedelapan siswa yang memiliki keterampilan sosial dalam kategori sedang tersebut tetap diikutkan dalam pemberian tindakan penelitian agar tercapai optimalisasi keterampilan sosial.


Keywords


Kemampuan Sosial,sosiodrama

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. H. (2005). Stategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Aqib. Zainal. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstektual. Bandung: Yrama Widya.

Ardiyanti, M. G. (1999). Skala Keterampilan Sosial. Laporan Penelitian (Tidak Diterbitkan).

Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arikunto, Suharsimi. (2011). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Azwar, Saifuddin. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bal, N.M & Sungur, G. (2015). The Effect Of Social Skills Training Program On Adolescents.

The Journal of International Social Research, Volume: 8.

Bowman, Sarah L. (2010). The Functions Of Role-Playing Games : How Participants Create Community, Solve Problems And Explore Identity. London: McFarland & Company, Inc., Publishers.

Cartledge, M., & Milburn, J. F. (1995). Teaching Social Skills to Children and Youth: Innovative Approaches. Boston: Allyn And Bacon.

Crowe, Allison. (2012). Infusing Multiculturalism into Human Service Education Using Sociodrama. Journal Psychology. Volume 7.

Deanna Marie Pecaski McLennan. (2012). Using Sociodrama to Help Young Children Problem Solve. Journal Education Early Childhood. 39:407–412 DOI 10.1007/s10643-011-0482-9.

Deanna Pecaski McLennan and Kara Smith. (2007). Promoting Positive Behaviours Using Sociodrama . Journal Of Teaching And Learning, VOL. 4, NO. 2.

Deanna Pecaski McLennan. (2008). Kinder–caring: Exploring the Use and Effects of Sociodrama in a Kindergarten Classroom. Journal of Student Wellbeing October 2008, Vol. 2(1), 74-88. 74 . Greater Essex County District School Board, Canada.

Depdiknas. (2008). Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal.

Eckloff, Maurine. (2006). Using Sociodrama To Improve Communication And Understanding.

Journal Counseling. 259-269.

Galeano, Rebecca. (2011). Scaffolding Productive Language Skills through Sociodramatic Play.

American Journal of play.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2153

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals

Journal Of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

 

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285347441263

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

  Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.