PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL MELALUI TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA SMPN 3 SINGKAWANG
Abstract
Sesuai dengan fokus dan rumusan masalah, tujuan yang ingin dicapai dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa SMPN 3 Singkawang melalui teknik sosiodrama. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Peneliti terlibat secara langsung dari tahap perencanaan hingga selanjutnya peneliti memantau, mencatat, dan mengumpulkan data. Dari hasil pre test dapat diketahui bahwa dari 30 siswa kelas VIII C, terdapat 22 siswa yang memiliki keterampilan sosial dalam kategori rendah, dan 8 siswa yang termasuk dalam kategori sedang. Kedelapan siswa yang memiliki keterampilan sosial dalam kategori sedang tersebut tetap diikutkan dalam pemberian tindakan penelitian agar tercapai optimalisasi keterampilan sosial.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu. H. (2005). Stategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Aqib. Zainal. (2013). Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Konstektual. Bandung: Yrama Widya.
Ardiyanti, M. G. (1999). Skala Keterampilan Sosial. Laporan Penelitian (Tidak Diterbitkan).
Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.
Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Arikunto, Suharsimi. (2011). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta. Azwar, Saifuddin. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bal, N.M & Sungur, G. (2015). The Effect Of Social Skills Training Program On Adolescents.
The Journal of International Social Research, Volume: 8.
Bowman, Sarah L. (2010). The Functions Of Role-Playing Games : How Participants Create Community, Solve Problems And Explore Identity. London: McFarland & Company, Inc., Publishers.
Cartledge, M., & Milburn, J. F. (1995). Teaching Social Skills to Children and Youth: Innovative Approaches. Boston: Allyn And Bacon.
Crowe, Allison. (2012). Infusing Multiculturalism into Human Service Education Using Sociodrama. Journal Psychology. Volume 7.
Deanna Marie Pecaski McLennan. (2012). Using Sociodrama to Help Young Children Problem Solve. Journal Education Early Childhood. 39:407–412 DOI 10.1007/s10643-011-0482-9.
Deanna Pecaski McLennan and Kara Smith. (2007). Promoting Positive Behaviours Using Sociodrama . Journal Of Teaching And Learning, VOL. 4, NO. 2.
Deanna Pecaski McLennan. (2008). Kinder–caring: Exploring the Use and Effects of Sociodrama in a Kindergarten Classroom. Journal of Student Wellbeing October 2008, Vol. 2(1), 74-88. 74 . Greater Essex County District School Board, Canada.
Depdiknas. (2008). Strategi Pembelajaran dan Pemilihannya. Jakarta: Direktorat Tenaga Kependidikan Direktorat Jenderal.
Eckloff, Maurine. (2006). Using Sociodrama To Improve Communication And Understanding.
Journal Counseling. 259-269.
Galeano, Rebecca. (2011). Scaffolding Productive Language Skills through Sociodramatic Play.
American Journal of play.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2153
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
Journal of Educational Review and Research
e-ISSN : 2597-9760
p-ISSN : 2597-9752
Editor in Chief: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285347441263
Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JERR IS INDEXED BY