PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PREDICT OBSERVE EXPLAIN WRITE (POEW) TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA

Shirajuddin Shirajuddin, Eka Murdani, Intan Kusumawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan gambaran peningkatan pemahaman konsep siswa setelah diterapkan model pembelajaran POEW pada materi kalor dan perpindahannya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre eksperimental design dengan rancangan one-group pre test-post test design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMA Negeri 5 Singkawang. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XA dengan teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Peningkatan pemahaman konsep siswa diukur dengan menggunakan alat ukur tes yang berjumlah 14 soal pilihan ganda yang sebelumnya telah validasi. Dari hasil analisis N-gain, diperoleh peningkatan pemahaman konsep sebesar 0,62 dengan kriteria sedang.

Keywords


POEW, Pemahaman Konsep, Kalor dan Perpindahannya.

Full Text:

PDF

References


Anderson, L. W., Krathwohl, D. R. 2010. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran dan Assessment. Jakarta: Pustaka Pelajar

Arikunto, S. 2007. “Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik”. Jakarta: Rineka Aksara.

Azizah, N., Indrawati., Harijanto, A. 2013. “Penerapan Model Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses IPA Dan Hasil belajar Fisika Siswa Kelas X.C Di MAN 2 Jember Tahun Ajaran 2013/2014”. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 3 No.3, Desember 2014, hal 235 – 241.

Hake, R. R. 1998. Interactive-engagement vs traditional methods: A six- thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. National Science Foundation, Arlington, VA.

Kurniawan, T, D. 2012. “Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Website Interaktif Pada Konsep Fluida Statis Untuk Meningkatkan Pengusaan Konsep Dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas XI”. Universitas Swadaya Gunung Jati Cirebon, Jurnal Pengajaran MIPA, Vol 19, No 2.

Kusumawati, I., Marwoto, P., & Linuwih, S. (2015, September). Implementation multi representation and oral communication skills in Department of Physics Education on Elementary Physics II. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1677, No. 1, p. 040017). AIP Publishing.

Lisma, L., Kurniawan, Y., & Sulistri, E. (2017). Penerapan Model Learning Cycle (LC) 7E Sebagai Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Aspek Menafsirkan dan Menyimpulkan Materi Kalor Kelas X SMA. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 2(2), 35-37.

Nana, 2016. “Pengembangan Model Pembelajaran Prediction Observation Explanation Elaboration Write And Evaluation (POE2WE) Dalam Pembelajaran Fisika SMA”. (Skripsi). Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Permatasari, O. I., & Marwoto, P. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Predict-Observe-Explain Berbasis Kontekstual Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Pemahaman Konsep Siswa SMP. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 2(2), 50-53.

Permendiknas, No 22 Tahun 2006. Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah, Jakarta.

Salma, M. V. 2015. “Pengembangan E-Daignostic Test untuk Mengidentifikasi Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMA Pada Pokok Bahasan Kalor” (Skripsi). Universitas Negeri Semarang.

Sari, T. A., Bektiarso, S., Yushardi. 2012. “Penerapan Model Pembelajaran Generatif Dengan Metode Demonstrasi Dalam Pembelajaran Fisika di SMP”. Jurnal Pembelajaran Fisika, FKIP Universitas Jember, Volume 1, Nomor 3, Desember 2012 ISSN : 2301-9794.

Saputra, D. M. E., dan Nyeneng, P. D. I., Maharta, N. 2013. “Pengaruh Kemampuan Berpikir terhadap Penguasaan Konsep Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Pendekatan Keterampilan Proses”. Pendidikan Fisika Unila.

Supriyati, 2013. “Pengembangan Model pembelajaran POEW Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep, Keterampilan Kritis, Dan Mendapatkan Gambaran Kuantitas Miskonsepsi Siswa SMA Pada Materi Suhu Dan Kalor” (Skripsi), Universitas Pendidikan Indonesia.

Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Suryani, F. 2014. “Peningkatan Prestasi Siswa pada Konsep Kalor dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay-Two Stray (TS-TS) Bervariasi Demonstrasi di Kelas XI IPA SMA Negeri 5 Yogyakarta TA 2012-2013”. JRKPF UAD, Vol.1, No.1, 26-30.

Trianto. 2007. “Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik”. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher

Ulya, S., Hindarto, N., Nurbaiti, U. 2013. “Keefektifan Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbasis Think Pair Share (TPS) Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Kelas XI SMA”. Unnes Physics Education Journal, Jurusan Fisika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Semarang, Indonesia, 50229. ISSN 2252-6935

Wiyanto. 2008. “Menyiapkan Guru IPA Mengembangkan Kompetensi Laboratorium”. Semarang: UNNES PRESS.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals

Journal Of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

 

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285347441263

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

  Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.