PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL LOMPAT TALI TERHADAP SIKAP SPORTIVITAS SISWA SEKOLAH DASAR(SD)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui tingkat minat siswa terhadap permainan tradisional lompat tali; 2) Mengetahui tingkat sikap sportivitas siswa dalam permainan tradisional lompat tali; 3) Mengetahui dan menganalisis pengaruh minat permainan tradisional lompat tali terhadap sikap sportivitas siswa dalam permainan tradisional lompat tali. Penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan desain survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD Negeri 15 Singkawang yang berjumlah 242 siswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 150 siswa yang diambil dengan teknik sampling Proportionate Stratified random sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi non partisipan. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif presentase dan statistik inferensial parametris menggunakan bantian aplikasi SPSS versi 16. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) tingkat kemampuan siswa dalam bermain permainan tradisional yaitu sebesar 77,37% dan termasuk dalam kategori sangat tinggi. Hal tersebut dibuktikan dengan menjumlah keseluruhan skor yaitu 4178, kemudian dibagi nilai skor item tertinggi yaitu 36 dan kemudian dikali 100% kemudian dibagi jumlah sampel 150. Dan diperoleh hasil 77,37% dengan kategori sangat tinggi. (2) tingkat kerja sama siswa yaitu sebesar 81,18%. Hal tersebut dibuktikan dengan menjumlah skor sebesar 5358, kemudian dibagi dengan jumlah skor item tertinggi dan kemudian dikali 100% kemudian dibagi sampel 150. Dan diperoleh hasil 81,18% dengan kategori sangat tinggi. (3) bahwa nilai R Square sebesar 0,452 yang artinya pengaruh yang ditimbulkan dari permainan tradisional lompat tali terhadap sikap sportivitas siswa yaitu sebesar 45,2%
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Cresswell, John W (2009); Research Design;Qualitative, Quantitative, and Mixed Methodes Approaches, Sage, Los Angeles.
Desmita (2013); Psikologi Perkembangan, Bandung; Remaja Rosdakarya
Edy Waspada. (2014). “Perbedaan pengaruh permainan tradisional dan latihan kecerdasan kinestetik terhadap kemampuan motorik dan kecerdasan emosional”.Tesis. (Surakarta: Universitas Sebelas Maret).
Kasnadi, & Sutejo. (2017). Permainan Tradisional Sebagai Media Pendidikan Karakter. Prosiding Seminar Nasional. Ponorogo PPKn III. STKIP PGRI Ponorogo
Khuri Abad Mu’mala Nadlifa (2019). “Optimalisasi Permainan Lompat Tali Dalam Mengembangkan Motorik Kasar Anak”. Jurnal Tumbuh Kembang Anak Usia Dini. Volume 4 No 1 Maret 2019. UIN Sunan Kali Jaga; Yogyakarta
Mulyani. (2016). Super Asik Permainan Tradisional Anak Indonesia. Yogyakarta: Diva Press.
Sugiyono. (2014). Metode penelitian pendidikan (pendekatan kuantitatif, pendekatan kualitatif, dan R&D). Bandung. Alfabeta.
________. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta.
Siyoto Sandu (2015). Dasar Metode Penelitian. Yogyakarta. Literasi Media Publishing.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v3i2.2110
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
Journal of Educational Review and Research
e-ISSN : 2597-9760
p-ISSN : 2597-9752
Editor in Chief: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285347441263
Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JERR IS INDEXED BY