ANALISIS KEMAMPUAN REPRESENTASI MATEMATIS SISWA PADA MATERI STATISTIKA

Nuurun Fajriah, Citra Utami, Mariyam Mariyam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan representasi matematis siswa, kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal statistika berdasarkan indikator kemampuan representasi matematis siswa, dan faktor yang mempengaruhi siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal statistika berdasarkan indikator kemampuan representasi matematis siswa pada kelas XI di SMA Negeri 5 Singkawang. Penelitian ini menggunakan description research. Subjek penelitian ini adalah 15 siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 5 Singkawang. Instrument soal yang digunakan dalam penelitian ini berupa 3 buah soal tes tertulis yang mengacu pada indikator kemampuan representasi matematis siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis interaktif yang terdiri atas tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa (1) Tingkat kemampuan representasi matematis siswa sebesar 54,6% dengan kategori sedang. (2) Kesalahan dalam menyelesaikan soal statistika yang meliputi kesalahan konsep (salah dalam memahami makna soal), kesalahan prinsip (salah dalam penarikan kesimpulan dalam menentukan jawaban akhir soal, salah dalam menggunakan aturan-aturan dalam rumus matematika), dan kesalahan operasi (salah dalam menggunakan operasi dalam matematika baik penjumlahan, pengurangan, pembagian, maupun perkalian). (3) Faktor yang mempengaruhi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal meliputi faktor kesalahan konsep (siswa tidak memahami soal yang diteskan), faktor kesalahan prinsip (salah dalam penarikan kesimpulan untuk menentukan jawaban akhir soal, tidak menggunakan aturan-aturan dalam rumus matematika), dan faktor kesalahan operasi (ketidak cermatan menentukan hasil perhitungan baik penjumlahan, pengurangan, pembagian, maupun perkalian).

Keywords


Analisis, Kemampuan Representasi Matematis, Statistika

Full Text:

PDF

References


Abdullah, In Hi (2012). “Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Kontekstual yang Terintegrasi dengan Soft Skill”. Prosiding, FKIP Universitas Khairun.

Buyung, B., & Nirawati, R. (2018). Pengaruh Karakter Kerja Keras Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 21-25.

Lestari, Kurnia Eka dan Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Lewy. (2009). Pengembangan Soal Untuk Mengukur Kemampuan Berfikir Tingkat Tinggi Pokok Barisan dan Deret Bilangan Di Kelas IX Akselerasi SMP Xaverius Maria Palembang. http://eprints.unsri.ac.id/820/1/2 Lewy 14-28.pdf. diakses tanggal 20 Februari 2014

Mailina, Alfi Saidah (2014). “Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Komposisi Fungsi dan Invers Pada Kelas XI IPA 3 MAN Rejotangan”. Penelitian, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri Tulungagung.

Mariyam, M., Sugianto, S., & Suratman, D.(2016). Pengembangan Soal Untuk Mengukur Kemampuan Komunikasi dan Translasi Representasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama (Doctoral dissertation, Tanjungpura University).

Muthmainah (2014). “Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Pendekatan Pembelajaran Metaphorical Thinking”. Penelitian, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

Pujiastuti, H. (2008). Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Dan Representasi Siswa SMP. Tesis SPS UPI Bandung.

Sabirin, Muhammad (2014). “Representasi Dalam Pembelajaran Matematika”. Jurnal Pendidikan Matematika, IAIN Antasari Banjarmasin. Vol . 01 No. 02 Januari – Juni 2014.

Sari (2014). “Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP BOPKRI 2 Yogyakarta dalam Mengerjakan Soal-Soal Operasi Bentuk Aljabar Tahun Ajaran 2014/2015”. Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Dipublikasikan.

Soedjadi, R. (2014). Inti dasar-dasar pendidikan matematika realistik indonesia. Jurnal pendidikan matematika. 1(2), 125-133.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Susilawati (2014). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Aljabar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bangil. Skripsi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Jember: Dipublikasikan.

TIMSS. (2011). TIMSS 2011 Internatioal Result In Mathematics. Chestnut Hill: TIMSS dan PIRLS International Study Center.

Walle, John A. Van De. 2008. Matematika Sekolah Dasar dan Menengah : Pengembangan Pengajaran. Jakarta : Airlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v3i1.2024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals

Journal Of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

 

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285347441263

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

  Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.