ANALISIS KEMAMPUAN KONEKSI MATEMATIS SISWA PADA MATERI TRIGONOMETRI

Arrum Agitiya Ningsih, Citra Utami, Rika Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat kemampuan koneksi matematis siswa, kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal trigonometri berdasarkan indikator kemampuan koneksi matematis siswa, dan faktor yang mempengaruhi siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan soal trigonometri berdasarkan indikator kemampuan koneksi matematis siswa pada kelas XI di SMA Negeri 10 Singkawang. Penelitian ini menggunakan description research. Subjek penelitian ini adalah 30 siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 10 Singkawang. Instrument soal yang digunakan dalam penelitian ini berupa 3 buah soal tes tertulis yang mengacu pada indikator kemampuan koneksi matematis siswa. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis interaktif yang terdiri atas tiga komponen yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian ini, menunjukkan bahwa (1) Tingkat kemampuan koneksi matematis siswa tergolong cukup. (2) Kesalahan dalam menyelesaikan soal trigonometri yang meliputi kesalahan konseptual (salah dalam memahami soal, menggunakan rumus, menerjemahkan soal ke dalam kalimat matematika, menentukan rumus yang akan digunakan, dan salah mementukan jawaban akhir) dan kesalahan prosedural (langkah penyelesaian tidak sistematis, tidak mampu memanipulasi langkah, tidak melanjutkan proses penyelesaian, dan kesalahan dalam melakukan proses perhitungan matematika). (3) Faktor yang mempengaruhi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal meliputi faktor kesalahan konseptual (kurang teliti dalam menyelesaikan soal, kurangnya penguasaan bahasa terhadap permintaan soal, kurangnya pemahaman siswa terhadap materi trigonometri, kurang teliti dalam menyelesaikan soal dan lupa denga rumus yang akan digunakan) dan faktor kesalahan prosedural (kurang teliti dalam melakukan perhitungan, tergesa-gesa dalam menyelesaikan soal, kurangnya pemahaman siswa terhadap materi trigonometri, lupa rumus yang akan digunakan dan tidak memahami maksud soal).

Keywords


Analisis, Kemampuan Koneksi Matematis, Trigonometri

Full Text:

PDF

References


Aqiilah, 2012, “Analisis kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Pembuktian Identitas Trigonometri Kelas X.1 SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang Tahun Pelajaran 2011/2012”. Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Walisongo Semarang. Dipublikasikan.

BSNP. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Badan Standar Nasional.

Buyung, B., & Nirawati, R. (2018). Pengaruh Karakter Kerja Keras Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 21-25.

Citra, dkk. 2016, “Implementation Of Brain-Based Learning Model To Increase Students’ Mathematical Connection Ability On Trigonometry At Senior High Schoo”. Jurnal Proceedings of the 2018 2nd International conference on Education and E-learning. STKIP Singkawang.

Lestari, Kurnia Eka dan Yudhanegara, Mokhammad Ridwan. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Musriliani, dkk. 2015, “Pengaruh Pembelajaran Contextual Teaching Learning (CTL) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gender”. Jurnal Didaktik Matematika. Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Vol. 2, No 2, September 2015.

Nawawi, Hadar. 2015. Metode Penelitian di Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ni’mah, A. F. 2017, “Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas IX A MTs Negeri 1 Jember Subpokok Bahasan Kubus dan Balok”. Jurnal Edukasi. Universitas Jember

Romli, Muhammad. 2016, “Profil Koneksi Matematis Siswa Perempuan SMA dengan Kemampuan Matematika Tinggi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika”. Jurnal of Mathematics Education, Science and Technology. Universitas Negeri Surabaya. Vol. 1, No. 2, Desember 2016.

Sari, Elizabeth Kurnia. 2016, “Analisis kesalahan siswa Dalam Menyelesaikan Sola Matematika Pada Pokok bahasan Lingkaran Kelas VIII B SMP Kanisius Kalasan Yogyakarta”. Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Dipublikasikan.

Sari, Kartika Dewi. 2015, “Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII SMP BOPKRI 2 Yogyakarta Dalam Mengerjakan Soal-soal Operasi Bentuk Aljabar Tahun Ajaran 2014/2015”. Skripsi. Universitas Sanata Dharma Yogyakarta. Dipublikasikan.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sulistyarini, Dyah Ayu. 2016, “Analisis Kesulitan Siswa SMK Citra Medika Sukoharjo Dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Akar dan Alternatif Pemecahannya”. Prosiding, Universitas Sebelas Maret.

Wardoyo, 2013. “Analisis Kesalahan Kelas X-1 SMA Negeri 1 Curup Tengah Dalam Menyelesaikan Masalah Divergen Tentang Sistem Persamaan Linear Dua Peubah”. Tesis. Universitas Bengkulu. Dipublikasikan.

Warih, dkk. 2016, “ Analisis Kesalahan Koneksi Matematis Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel”. Jurnal Prosiding. ISSN: 2502-6526. Universitas Muhammadiyah Surakarta, 12 Maret 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v3i1.2015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

Editor in Chief: [email protected][email protected] / Wa : +6285347441263

Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.