OPTIMALISASI PEMAHAMAN KONSEP BELAJAR IPA SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI DENGAN METODE GALLERY WALK (Sebuah Studi Literatur)

Putri Mayang Sari, Sumarli Sumarli

Abstract


Model pembelajaran inkuiri adalah suatu rangkaian kegiatan belajar yang melibatkan seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki secara sistematis, kritis, logis, analitis sehingga dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan percaya diri. Saat merumuskan penemuannya diperlukan pemahaman konsep belajar yang dapat dimunculkan melalui metode pembelajaran gallery walk. Studi ini bertujuan untuk mengoptimalisasi pemahaman konsep belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) siswa Sekolah Dasar (SD) melalui model pembelajaran inkuiri dengan metode gallery walk. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Hasil penelaahan menunjukkan bahwa model pembelajaran inkuiri dengan metode gallery walk dapat membantu mengoptimalkan pemahaman konsep belajar IPA Siswa SD.


Keywords


Model Pembelajaran Inkuiri, Gallery Walk, Pemahaman Konsep, IPA

Full Text:

PDF

References


Anderson, L., dan Krathwohl, D. (2010). Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Assesmen. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Buyung, B., & Dwijanto, D. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematis melalui Pembelajaran Inkuiri dengan Strategi Scaffolding. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 112-119.

Buyung, B., Nirawati, R., & Kusumawati, I. (2016). Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Singkawang. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(2), 87-90.

Dengo, F. (2018). Penerapan Metode Gallery Walk dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPA. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 6(1), 40-52.

Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas). (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: CV Mitra Karya.

Desi, D.R. (2010). Efektivitas Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Model Gallery of Learning Terhadap Partisipasi dan Prestasi Belajar IPA Biologi Pada Materi Sistem Pencernaan Makanan Siswa MTsN Sumberagung Jetis Bantul Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta: Fakultas Sains dan Teknologi UIN Sunan Kalijaga.

Indah, F. (2012). Model Pembelajaran Inkuiri. http://carapedia.com/ model_pembelajaran inkuiri_info612.html (diakses tanggal 26 Desember 2019).

Komalasari, K. (2011). Pembelajaran Kontekstual, Konsep dan Aplikasi. Bandung: Alfabeta.

Laura, E. dkk. (2014). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Indeks.

Mariam, F.S.H. (2017). Pembelajaran Berbasis Proyek Metode Gallery Walk untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Ekskresi Manusia. Jurnal Pendidikan Biologi, 4(2).

Purwanto, N. (2008). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sagala, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Samatowa, U. (2016). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Indeks.

Sanjaya, A. (2011). Pembelajaran Inkuiri. http://aadesanjaya.blogspot.com/2011/03/pembelajaran-inquiry.html (diakses tanggal 26 Desember 2019).

Sanjaya, W. (2012). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenamedia Group.

Silberman, M.L. (2006). Active Learning 101 Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia. p. 2745.

Sumarli, S. (2018). Analisis Model Pembelajaran Tipe Think-Pair-Share Berbasis Pemecahan Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(1), 8-13.

Sumarli, S., Murdani, E., & Wijaya, A. K. (2017). Pengembangan Buku Petunjuk Praktikum Fisika: Pengujian Jenis Kawat Konduktor Komersial. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 2(2), 30-34.

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Tjandra dkk. (2005). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Di Sekolah Dasar. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Uno dan Mohamad. (2014). Belajar dengan Pendekatan Pailkem. Jakarta: PT. Rosdakarya.

Wirdati, S. dkk. (2013). Pembelajaran Gallery Walk Berpendekatan Contextual Teaching Learning Materi Sistem Pencernaan di SMA. Journal of Biology Education, 2(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1859

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals

Journal Of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

 

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285347441263

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

  Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.