MEDIA POP UP BOOK SEBAGAI ALAT PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA

Murniati Murniati, Rien Anitra

Abstract


Peningkatan keterampilan berbicara merupakan suatu aspek penting yang dapat menunjang untuk mahir dalam berkomunikasi. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis media Pop-Up Book dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Artikel ini merupakan hasil analisis dengan mengkaji literatur yang memiliki keterkaitan dengan topik pembahasan. Model yang digunakan adalah studi literatur atau lirature riview. Dari hasil penelaahan, hasil yang didapat menunjukkah bahwa peningkatan keterampilan berbicara siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan media pembelajaran. Satu diantaranya yaitu media dengan desain tiga dimensi yang menarik dan dapat merangsang pemikiran siswa, dan media pembelajaran yang dapat digunakan adalah media Pop-Up Book. sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa media Pop-Up Book dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dikarenakan desain tiga dimensi yang dapat membantu siswa menemukan ide-ide serta dapat mengungkapkan ide tersebut dengan jelas. 


Keywords


Media Pop Up Book, Keterampilan Berbicara

Full Text:

PDF

References


Astuti. R. (2015). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Pop Up Book Siswa Kelas III SD Negeri Gembongan Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2014/2015. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.

Faujiyah. A . (2018). Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V (Umar Bin Khatab)Pada PembelajaranTematik Di Min 1 Banyumas. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto : Purwokerto.

Fauzi. R.F. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar IPS Melalui Media Pop Up Book Pada Siswa Kelas IV SDN Gamping Sleman Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta : Yogyakarta.

Maryana, D. (2018). Kemampuan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas VSD Negeri 4 Metro Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Universitas Lampung : Bandar Lampung.

Nawawi, dkk. (2017). Keterampilan Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Jakarta : Uhamka Press.

Nawawi, dkk. (2017). Keterampilan Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Jakarta : Uhamka Press. Hal. 24-25.

Pramesti, J.(2015). Perkembangan Media Pop Up Book Tema Peristiwa Untuk Kelas III SD. Universitas Negeri Yogyakarta : Yogyakarta.

Saifuddin. (2015). Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MI AL-Husna Jurang Mangu Tangerang Selatan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

Santoso. B. A. (2015). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menyampaikan Tanggapan Melalui Model Talking Stick Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas III SDN Tugurejo 03 Semarang. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Tambunan. P. (2016). Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Sekolah Dasar. - : Universitas Quality.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals

Journal Of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

 

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285347441263

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

  Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.