MEDIA POP UP BOOK SEBAGAI ALAT PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA
Abstract
Peningkatan keterampilan berbicara merupakan suatu aspek penting yang dapat menunjang untuk mahir dalam berkomunikasi. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis media Pop-Up Book dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Artikel ini merupakan hasil analisis dengan mengkaji literatur yang memiliki keterkaitan dengan topik pembahasan. Model yang digunakan adalah studi literatur atau lirature riview. Dari hasil penelaahan, hasil yang didapat menunjukkah bahwa peningkatan keterampilan berbicara siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan media pembelajaran. Satu diantaranya yaitu media dengan desain tiga dimensi yang menarik dan dapat merangsang pemikiran siswa, dan media pembelajaran yang dapat digunakan adalah media Pop-Up Book. sehingga dapat ditarik kesimpulan bahwa media Pop-Up Book dapat meningkatkan keterampilan berbicara siswa dikarenakan desain tiga dimensi yang dapat membantu siswa menemukan ide-ide serta dapat mengungkapkan ide tersebut dengan jelas.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Astuti. R. (2015). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menggunakan Media Pop Up Book Siswa Kelas III SD Negeri Gembongan Kecamatan Sentolo Kabupaten Kulon Progo Tahun Ajaran 2014/2015. Yogyakarta : Universitas Negeri Yogyakarta.
Faujiyah. A . (2018). Kemampuan Berbicara Siswa Kelas V (Umar Bin Khatab)Pada PembelajaranTematik Di Min 1 Banyumas. Institut Agama Islam Negeri Purwokerto : Purwokerto.
Fauzi. R.F. (2018). Peningkatan Motivasi Belajar IPS Melalui Media Pop Up Book Pada Siswa Kelas IV SDN Gamping Sleman Yogyakarta. Universitas Negeri Yogyakarta : Yogyakarta.
Maryana, D. (2018). Kemampuan Berbahasa Indonesia Siswa Kelas VSD Negeri 4 Metro Timur Tahun Pelajaran 2017/2018. Universitas Lampung : Bandar Lampung.
Nawawi, dkk. (2017). Keterampilan Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Jakarta : Uhamka Press.
Nawawi, dkk. (2017). Keterampilan Berbicara Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Jakarta : Uhamka Press. Hal. 24-25.
Pramesti, J.(2015). Perkembangan Media Pop Up Book Tema Peristiwa Untuk Kelas III SD. Universitas Negeri Yogyakarta : Yogyakarta.
Saifuddin. (2015). Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Menggunakan Media Gambar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas V MI AL-Husna Jurang Mangu Tangerang Selatan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Santoso. B. A. (2015). Peningkatan Keterampilan Berbicara Menyampaikan Tanggapan Melalui Model Talking Stick Berbantuan Media Gambar Pada Siswa Kelas III SDN Tugurejo 03 Semarang. Semarang : Universitas Negeri Semarang.
Tambunan. P. (2016). Pembelajaran Keterampilan Berbicara di Sekolah Dasar. - : Universitas Quality.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1855
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
Journal of Educational Review and Research
e-ISSN : 2597-9760
p-ISSN : 2597-9752
Editor in Chief: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285347441263
Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JERR IS INDEXED BY