ANALISIS KESULITAN BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS V SDN 12 SINGKAWANG

Nani Nani, Evinna Cinda Hendriana

Abstract


Kesulitan belajar merupakan sebuah permasalahan yang menyebabkan seorang siswa belum dapat mengikuti proses pembelajaran dengan baik dan belum  mampu untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Empat kompetensi dasar yang harus dimiliki siswa pada pembelajaran bahasa Indonesia tingkat sekolah dasar mencakup aspek: menyimak, berbicara, membaca dan menulis. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis kesulitan belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia di kelas V SDN 12 Singkawang. Artikel ini merupakan hasil analisis dengan mengkaji literature yang memiliki keterkaitan dengan topik pembahasan. Model yang digunakan adalah studi literatur atau lirature riview. Hasil penelitian ini adalah sebagian besar siswa masih tidak faham ketika guru menyampaikan materi Bahasa Indonesia. Terdapat beberapa faktor yang menyebabkan siswa kesulitan belajar Bahasa Indonesia. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan bahwa siswa kelas V SDN 12 Singkawang masih berkesulitan dalam mempelajari pelajaran Bahasa Indonesia.


Keywords


Kesulitan Belajar, Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Depdikbud & Rineka Cipta.

Abdurrahman, M. (2003). Pendidikan bagi anak berkesulitan belajar. Jakarta: Depdikbud & Rineka Cipta.

Anzar, Safni Febri dan Mardhatillah. 2017. Analisis Kesulitan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V Sd Negeri 20 Meulaboh Kabupaten Aceh Barat Tahun Ajaran 2015/2016. Jurnal Bina Gogik. 4(1).

Depdiknas, 2007. Standar Proses untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Pusat Pembukuan Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

Djamarah, S.B. 2006. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hartati, Tatat, dkk. 2006. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Rendah. Bandung: Upi Press.

Irham, Muammad dan Novan Ardi Wiyani. 2014. Psikologi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Iskandarwassid & Sunendar.D. 2011. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: Rosda.

Rahim, F. 2008. Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Saddhono. 2012. Meningkatkan keterampilan berbahasa indonesia. Bandung: Karya Putra Darwanti.

Shihabuddin. 2009. Modul evaluasi pengajaran bahasa indonesia. Bandung: SPS UPI.

Simanjuntak, L. 2004. Metodologi Mengajar. Jilid I. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto, 2005. Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Tarigan, Henry Guntur. 2008. Membaca Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2013. Menulis Sebagai Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tristiantari, Ni Ketut Desia, dkk. Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Kemampuan Berbicara dan Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Siswa Kelas V SD Negeri Gugus III Kecamatan Seririt. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 3 Tahun 2013.

Tristiantari, Ni Ketut Desia, dkk. Pengaruh Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Kemampuan Berbicara dan Keterampilan Berpikir Kreatif Pada Siswa Kelas V SD Negeri Gugus III Kecamatan Seririt. Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 3 Tahun 2013.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1853

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals

Journal Of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

 

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285347441263

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

  Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.