PENGARUH MODEL MEA DENGAN PENDEKATAN RME TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PERBANDINGAN KELAS VII

Okta Asmara Yudha, Rosmaiyadi Rosmaiyadi, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh model MEA (Means-Ends Analysis) dengan Pendekatan RME (Realistic Mathematic Education) terhadap kemampuan pemecahan masalah, perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah dan aktivitas belajar siswa pada materi perbandingan kelas VII MTs.N1 Singkawang 2018/2019. Penelitian ini menggunakan desain True Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VII MTs.N1 Singkawang yang terdiri dari lima kelas yang berjumlah 160 siswa. Sampel diambil dengan teknik nonprobability sampling. Adapun sampel yang dipilih terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIC sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIE sebagai kelas kontrol. Hasil analisis menunjukkan: 1) Terdapat pengaruh penerapan model MEA dengan pendekatan RME terhadap kemampuan pemecahan masalah pada materi perbandingan kelas VII di MTs.N1 Singkawang 2018/2019; 2) Model MEA dengan pendekatan RME berpengaruh tinggi terhadap kemampuan pemecahan masalah; 3) Terdapat perbedaan peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi perbandingan antara yang mendapat pembelajaran menggunakan model MEA dengan pendekatan RME dan model pembelajaran langsung pada siswa kelas VII MTs.N1 Singkawang 2018/2019; 4) Aktivitas siswa tergolong tinggi saat proses pembelajaran pada tahun 2018/2019 menggunakan model MEA dengan pendekatan RME di kelas VII MTs.N1

Keywords


Model Means-Ends Analysis (MEA) dengan Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah, Aktivitas.

Full Text:

PDF

References


Buyung, B., & Nirawati, R. (2018). Pengaruh Karakter Kerja Keras Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 21-25.

Danoebroto, S. W. (2008). Improving Problem Solving Skill Using The PMRI and Metacognitive Training. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Nomor, 1.

Gusnidar, G., Netriwati, N., & Putra, F. G. (2018). Implementasi Strategi Pembelajaran Konflik Kognitif Berbantuan Software Wingeom Dalam Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 5(2), 62-69.

Huda, Miftahul.(2014). Model-model Pengajaran Dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Oftiana, S.,& Saefudin, A.A. (2017). PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 SRANDAKAN. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran,5(2), 293-301.

Pasani, C. F., & Al Fajar, Y. R. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VIII-F SMPN 14 Banjarmasin Melalui Model Pembelajaran Means End Analysis (MEA). EDU-MAT, 4(2).

Prihatiningtyas, N. C., & Nurhayati, N. (2017). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 2(1), 13-18.

Putria, A., Akhyar, M., & Agung, L. (2017, March). Urgensi Buku Digital Berbasis Realistic Mathematics Education dalam Pembelajaran Matematika. In Prosiding Seminar Nasional Teknologi Pendidikan.

Putri, R. I. I. (2012). Pembelajaran materi bangun datar melalui cerita menggunakan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran (JPP), 18(2), 235-240.

Rohmah, Z. F., Triyanto, T., & Fitriana, L. (2018). EKSPERIMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TWO STAY TWO STRAY DENGAN PENDEKATAN SAVI PADA MATERI TEOREMA PYTHAGORAS DITINJAU DARI AKTIVITAS BELAJAR KELAS VIII SMP NEGERI 2 JATEN TAHUN PELAJARAN 2017/2018. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika SOLUSI, 2(3), 187-193.

Sari, A. N., Wahyuni, R., & Rosmaiyadi, R. (2016). Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 10 Pemangkat. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 1(1), 20-24.

Shoimin Aris. (2014).68 MODEL PEMBELAJARAN INOVATIV DALAM KURIKULUM 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Sulistyarini, D. A. (2013). Penerapan Pembelajaran Rme Dengan Strategi Pembelajaran Means Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Lingkaran (PTK Pada Siswa Kelas VIII SMP N 1 Kartasura Tahun 2012/2013) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Supendi, A., Jamiah, Y., & Ahmad, D. (2017). Model Means Ends Analysis dan Direct Intruction terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2).

Susanti, E.(2017). PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MEANS-ENDS ANALYSIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LUBUKLINGGAU TAHUN PELAJARAN 2016/2017.

Sutrisno (2012). Kreatif Mengembangkan Aktivitas Pembelajaran Berbasis TIK. Jakarta: Referensi

Yahyawati, D. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Dalam Pemecahan Masalah Matematika (PTK Pembelajaran Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Nogosari Semester Genap Tahun Ajaran 2012/2013) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Yuhani, A., Zanthy,L.S.,& Hendriana, H. (2018). PENGARUH PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(3), 445-452.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1852

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals

Journal Of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

 

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285347441263

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

  Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.