ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF SISWA DITINJAU DARI MOTIVASI SISWA PADA MATERI LINGKARAN DI SMP NEGERI 12 SINGKAWANG

Dewi Ratna Sari, Nurhayati Nurhayati, Buyung Buyung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa ditinjau dari motivasi siswa serta untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kreatif siswa di SMP Negeri 12 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII A dengan jumlah 22 siswa. Pengambilan data menggunakan instrument berupa angket motivasi dan tes kemampuan berpikir kreatif. Adapun hasil penelitian: 1). (a). Siswa yang memiliki motivasi tinggi: kemampuan berpikir kreatif tinggi dapat memberikan ide yang relevan dalam penyelesaian pemecahan masalah matematika,  kemampuan berpikir sedang dapat memberikan ide yang relevan meskipun pengungkapan yang diberikan kurang jelas, kemampuan berpikir kreatif rendah terdapat jawaban siswa untuk menuliskan rumus dengan kalimat yang singkat sehingga dalam mengungkapkan ide-idenya. (b). Siswa yang memiliki motivasi sedang: kemampuan berpikir kreatif tinggi terdapat siswa mengungkapkan ide-idenya dengan cara menyelesaikan soal yang diberikan kurang jelas, kemampuan berpikir kreatif sedang terdapat siswa kurang percaya diri dengan hasil jawaban sendiri, kemampuan berpikir kreatif rendah terdapat siswa memberikan ide yang relevan dalam penyelesaian pemecahan masalah matematika dengan benar dan lancar. (c). Siswa yang memiliki motivasi rendah: kemampuan berpikir kreatif tinggi terdapat tidak ada siswa yang memiliki motivasi rendah dan kemampuan berpikir kreatif tinggi, kemampuan berpikir kreatif sedang terdapat siswa memberikan ide yang relevan dalam penyelesaian matematika dengan benar dan lancar, kemampuan berpikir kreatif rendah terdapat siswa tidak sampai membuat kesimpulan karena sudah beranggapan hasil jawaban sudah benar. 2). (a). Faktor ketidakmampuan siswa mencapai tahap kemampuan berpikir kreatif matematika disebabkan siswa mengalami ketidakmampuan dalam mengungkapkan ide-idenya yang dimiliki untuk menyelesaikan soal yang diberikan. (b). Siswa kurang percaya diri dengan hasil jawaban sendiri. (c). Siswa tidak mampu menentukan rumus yang akan digunakan. (d). Siswa sering menganggap pengecekan jawaban tidak penting karena beranggapan hasil jawaban sudah benar. 

Keywords


Kemampuan Berpikir Kreatif, Motivasi, Lingkaran

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Kedua). Jakarta: Bumi Aksara. Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Azwar, Saifudin. (2013). Tes prestasi: fungsi dan pengukuran prestasi belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Buyung, B., & Nirawati, R. (2018). Pengaruh Karakter Kerja Keras Terhadap Kemampuan Literasi Matematis Siswa Melalui Model Discovery Learning. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 21-25.

BuyungBaharuddin dan Esa Nur Wahyuni. (2010). Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Irwan. (2011). “Pengaruh Pendekatan Problem Posing Model search, Solve, Create And Share (SSCS) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Matematika”. Jurnal Penelitian Pendidikan, Vol. 12 No. 1, April 2011. Universitas Negeri Padang.

Ladeni, J., Yerizon dan Nilawasti Z.A. (2012). “Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Dengan Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write”. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 1 Nomor 1, 81-86.

Lampiran Peraturan Mentri Pendidikan Nasional RI No 23 Tahun 2006 dalamhhtp://staf.unila.ac.id/radengunawan/files/2011/09/Permendiknes No. 23 tahun 2006.pdf.

Nindy Citroresmi, Nurhayati. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 2(1), 13-18.

Nurhayati, Sugiatno, & Hamdani. (2013). Mengatasi Kesulitan Komunikasi Matematis Siswa SMA Menggunakan Wawancara Klinis Berbantuan Tablet Berbasis Multi Representasi. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran,Volum 2 Nomor 9, September 2013.

Nurul Husna, Nurhayati. (2018). Pengembangan Pembelajaran Scientific Berbasis Multirepresentasi Untuk Menunjang Pembelajaran Matematika Dalam Kurikulum 2013. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(2), 74-80.

Nasir, M. (2016). “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Berdasarkan Motivasi Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Trigonometri Pada Siswa Kelas XI IPA Man Tlogo Blitar Tahun Ajaran 2015/2016”. Skripsi, Universitas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung.

Rahma Faelasofi. (2017). “Identifikasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Pokok Bahasan Peluang”. Jurnal Edumath, Volume 3 Nomor 2, 2017, Halaman 155-163.

Siregar, Syofian. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Perhitungan Manual & SPSS. Jakarta: Prenadamedia Group.

Siswono, T.Y.E. (2015). Model Pembelajaran Matematika Berbasis Pengajuan dan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif.Surabaya: Unesa Uniersity Press.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumartono. (2015). “Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Di Smp”. Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 3 Nomor 1, Halaman84 – 91.

Tomi, T. P., Irwan dan Vionanda, D. (2012). “Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa DenganPembelajaran Berbasis Masalah”. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 1 Nomor 1, 2012, Halaman 22-26.

Uno, Hamzah B. (2016). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Yenni, Silvi,E.P. (2017). “Optimalisasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Smp Melalui Pembelajaran Everyone Is A Teacher Here”. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, September 2017, Volume 1 Nomor 2, Halaman 334.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1851

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals

Journal Of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

 

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285347441263

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

  Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.