PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VII MTs YASTI SHALAHUDDIN SINGKAWANG

Rudi Rudi, Eka Murdani, Mariyam Mariyam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Penelitian ini dilaksanakan di MTs YASTI Shalahuddin Singkawang. Metode yang   digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen, bentuk penelitian yang digunakan Pre-Eksperimen Design dengan One Group Pre-test Post-test Design. Sampel penelitian menggunakan Sampling Jenuh, yaitu semua siswa kelas VII dengan jumlah 31 siswa sebagai kelas eksperimen. Data menunjukkan bahwa: 1) Hasil perhitungan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa ditunjukkan dengan nilai rata-rata post-test 72,58. Dari data tersebut dilakukan analisis data menggunakan uji-t dua sampel berpasangan, diperoleh nilai thitung sebesar 32,47 dan ttabel  sebesar 2,0003 dengan taraf signifikan 5%, karena (thitung> ttabel ) maka  dapat dikatakan hipotesis alternatif (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Think Pair Share terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi himpunan. 2) Hasil perhitungan aktivitas menggunakan model pembelajaran Think Pair Share menunjukkan sebesar 90,82% kriteria sangat tinggi. 3) Hasil perhitungan angket respon siswa keseluruhan memberikan respon yang positif terhadap model pembelajaran Think Pair Share pada materi himpunan yang diterapkan mulai dari kriteria baik hingga sangat baik.


Keywords


Model Think Pair Share; Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis

Full Text:

PDF

References


Apriana, Ristia. (2009). Pembelajaran Matematika Menggunakan Metode Permainan Bola Pimpong Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Dikelas V SD Negeri 19 Pontianak Timur. SKRIPSI. STKIP-PGRI Pontianak.

Buyung.(2015). Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI) Terhadap Peningkatan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Pada Persamaan Garis Lurus Kelas VII SMP Negeri 18 Singkawang Selatan. SKRIPSI. STKIP Singkawang.

Buyung, B., & Dwijanto, D. (2017). Analisis Kemampuan Literasi Matematis melalui Pembelajaran Inkuiri dengan Strategi Scaffolding. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 6(1), 112-119.

Darma, Yudi. (2009). Penerapan Pembelajaran dengan Metode Heuristic dalam Materi Barisan dan Deret pada Siswa Kelas XII Madrasah Aliyah Negeri 2 Pontianak. Skripsi. Pontianak: STKIP-PGRI Pontianak.

Depdiknas. (2006). Peraturan Pengembangan Menteri Pendidika Nasional Republik Indonesia Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. (2013). Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: charisma putra utama offset.

Hanafiah, Nanang. (2009). Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: Refika Aditama.

Ibrahim, Muslimin, dkk.(2000). Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Univerity Press.

Murizal, Angga, dkk. (2012). Pemahaman Konsep Matematis Siswa dan Model Pembelajaran .Jurnal Pendidikan Matematika, Jurusan Matematika FMIPA UNP. Hal. 19-23.

Novita, Rita. (2014). Hasil Belajar Siswa pada Persamaan Kuadrat dalam Pembelajaran Model Pembelajaran Think Pair Share di SMA Negeri 8 Banda Aceh. Jurnal. STKIP Bina Bangsa Meulaboh.

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: ALFABETA.

Sutiarni, Rizma. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Dalam Materi Perbandingan Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Singkawang. Skripsi. STKIP – PGRI Pontianak.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1681

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

Editor in Chief: [email protected][email protected] / Wa : +6285347441263

Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.