Penerapan Model Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Kesebangunan

Alex Tomas, Andika Kusuma Wijaya, mariyam mariyam

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Reciprocal Teaching yang mencakup tiga rumusan masalah yaitu tentang peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis, aktivitas siswa, dan respon siswa terhadap model pembelajaran Reciprocal Teaching dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IX SMP Torsina Singkawang, dengan bentuk penelitian pre-eksperimental dengan rancangan one group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) rata-rata posttest sebesar 78,65 lebih tinggi dari hasil rata-rata pretest yaitu 53,39 dan terjadi peningkatan dengan N-gain sebesar 0,54 dengan kriteria sedang; 2) Berdasarkan hitungan persentase pada lembar pengamatan aktivitas selama proses pembelajaran diperoleh rata-rata sikap aktif sebesar 90,05%, sedangkan rata-rata sikap pasif sebesar 9,95%. Hal ini menunjukan bahwa nilai rata-rata rata-rata sikap aktif lebih besar dibanding dengan nilai rata-rata sifat pasif. Nilai rata-rata persentase sikap aktif berada pada kriteria Sangat Baik yang berarti aktivitas siswa tergolong aktif; 3) Hasil analisis terhadap respon siswa diperoleh rata-rata persentase sebesar 80,38%, berada pada kriteria Baik. Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan, pembelajaran dengan model Reciprocal Teaching pada materi Kesebangunan kelas IX SMP Torsina Singkawang dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa, kemudian siswa tergolong aktif dalam mengikuti pembelajaran dengan model Reciprocal Teaching dan respon siswa terhadap penerapan model Reciprocal Teaching Positif.


Keywords


Pemahaman Konsep Matematis; Reciprocal Teaching

Full Text:

PDF

References


Bungin, Burhan. 2005. Metode Penelitain Kuantitatif. Kencana: Jakarta.

Buyung, B., & Nirawati, R. (2018). PENGARUH KARAKTER KERJA KERAS TERHADAP KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS SISWA MELALUI MODEL DISCOVERY LEARNING. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 3(1), 21-25.

Gita, dkk (2014). “Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas V SD” e-Journal Program Pascasarjana, Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Dasar. Volume 4 (2014).

Hake, Ricard. 1999. Analizing Change/Gain Scores. Dept. Of Physics, Indiana University 24245 Hatterras Street, Woodland Hills, CA, 91367 USA

Herman, dkk. (2014). “Penerapan Model Reciprocal Teaching Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas VIII Smpn 26 Padang” Jurnal Pendidikan Matematika, FMIPA UNP. Vol. 3 No. 1 (2014): Part 2 Hal 13-17.

Kemendikbud. (2006) Permendikbud No. 22 tentang Standar Isi. Jakarta: Kemendikbud

Palincsar and Brown, (1984). “Reciprocal Teaching of Comprehension Fostering and Comprehension Monitoring Activities” Cognition and Instruction, 1984, 1 (2) 117-175.

Rasyid dan Mansyur. 2009. Penilaian Hasil Belajar. Bandung: Wacana Prima.

Rohana. (2011). “Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP Universitas PGRI Palembang” Jurnal Prosiding Seminar Nasional Pendidikan,Universitas PGRI Palembang.

Slavin, RE. 2011.Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Jilid 2, Jakarta: Indeks.

Susilo, Frans. 2012. Landasan Matematika.Yogyakarta: Graha Ilmu.

Walle, John AVD. 2008. Matematika Sekolah Dasar dan Menengah. Jilid 1,Jakarta: Erlangga.

Warsono dan Hariyanto. 2013. Pembelajaran Aktif Teori dan Asesmen. Bandung: Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v1i2.1680

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

Editor in Chief: [email protected][email protected] / Wa : +6285347441263

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.