MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS SISWA

Muhammad Agus Aprianto, Rosmaiyadi Rosmaiyadi, Nindy Citroresmi Prihatiningtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa, dan motivasi belajar siswa pada materi perbandingan kelas VII SMP Negeri 2 Singkawang. Penelitian ini menggunakan desain Quasi Eksperimental.Populasi dalam penelitian ini adalah semua kelas VII SMP Negeri 2 Singkawang yang terdiri dari lima kelas yang berjumlah 160 siswa. Sampel diambil dengan teknik Cluster Random Sampling. Adapun sampel yang dipilih terdiri dari dua kelas yaitu kelas VIIE sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIC sebagai kelas kontrol. Hasil pengaruh model PBL dengan pendekatan Saintifik  menunjukkan: 1) Terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah  matematis antara siswa yang mendapatkan model pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik; dengan rata-rata hasil posttest kelas ekperimen yaitu 81,34 2) Model pembelajaran Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik memberikan pengaruh yang tinggi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi perbandingan; dengan hasil uji effect size sebesar 3,5  3) Motivasi belajar siswa tergolong tinggi dengan diterapkannya model Problem Based Learning dengan Pendekatan Saintifik dengan rata-rata keseluruhan siswa adalah 4,16.

Keywords


Problem Based Learning; Saintifik; kemampuan pemecahan masalah; motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Amir, Muhammad Faizal. (2017). Analisis kesalahan mahasiswa PGSD Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dalam meyelesaikan Soal Pertidaksamaan Linear. Jurnal Edukasi. Kajian Ilmu Pendidikan. 1(2), 131-146.

Lestari, k.. (2014). Implementasi Brain-Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi dan Kemampuan Berpikir Kritis Serta Motivasi Belajar Siswa SMP. Jurnal Pendidik. USINKA, 2(1), 36-46

Lestari, Kurnia Eka dan Yudhanegara, Mohammad Ridwan. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika, Panduan Praktis Menyusun Skripsi, Tesis, dan Laporan Penelitian dengan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi Disertai dengan Model Pembelajaran dan Kemampuan Matematis. Bandung: PT Refika Aditama.

Mulyana, E. (2003). Masalah Ketidaktepatan Istilah dan Simbol dalam Geometri SLTP kelas 1. Makalah FPMIPA UPI

Musriliani, dkk. (2015). Pengaruh Pembelajan Contextual Teching Learning (CTL) terhadap Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Ditinjau dari Gender. Jurnal Didaktik Matematika. 2( 2), 49-58.

Mariyam, dkk. (2018). Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Modul. JPMI(Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia). 3(2), 66-73.

Nawawi, Hadari. (2015). Metode Penelitian di Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

National Council of Teacher of Mathematics (NCTM).(2000). Principles and Standars for School Mathematics.Virginia: Reston.

Nuriyah, Fajar E. (2015). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Pokok Persamaan dan Fungsi Persamaan Kuadrat pada Siswa Kelas x MIA SMA Negeri 2 Wonosari. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta

Prihatiningtyas, Nindy C. & Nurhayati. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 2(1), 13-18.

Romli, Muhammad. (2016). Profil kemampuan koneksi matematis siswa perempuan SMA dengan kemampuan tinggi dalam menyelesaikan masalah matematika. Journal of mathematics education, science & tehnology. 1(2), 145-157.

Sugiman. (2008). Koneksi Matematik dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika. 4(1), 56-66.

Sundayana. (2014). Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta

Warih, dkk. (2016). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Kelas VIII Pada Materi Teorema Phytagoras. In Prosiding Konferensi Nasioanal Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP 1). Diselenggarakan oleh Program Studi Pendidikan Matematika, UMS, 12 Maret 2016, (hal. 377-384). Muhammadiyah University Press. Diakses dari https://publikasiilmiah.ums.ac.id/hadle/2502/6526

Widarti (2013). Kemampuan Koneksi Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Kemampuan Matematis siswa. Skripsi. Pendidikan Matematika STKIP PGRI Jombang.

Yuniawati. (2011). Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Strategi React untuk meningkatkan kemampuan koneksi dan Representasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Edisin Khusus No 2




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v1i2.1678

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals

Journal Of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

 

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285347441263

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

  Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.