Pengaruh Model Pembelajaran Auditory Intellectualy Repitition (Air) Berbantuan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa PadaMateri Limas Kelas VIII

Christi Jayanti D.A.P, Rosmaiyadi Rosmaiyadi, Mariyam Mariyam

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis siswapada pembelajaran modelAudiotory Intellectualy Repetition berbantuan alat peraga dengan siswa yang mendapat model pembelajaran konvensional; (2) Untuk mengetahuibesar pengaruh model pembelajaranAudiotory Intellectualy Repetition berbantuan alat peraga terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi limas; (3)Untuk mengidentifikasi keterlaksanaan pembelajaran siswa dengan model pembelajaranAudiotory Intellectualy Repetition berbantuan alat peraga pada materi limas; (4) Untuk mengidentifikasi motivasi siswa dengan model pembelajaranAudiotory Intellectualy Repetition berbantuan alat peraga pada materi limas.Jenis penelitian ini adalah  Quasi Eksperimentdengan bentuk Posttest-Only Control Design. Instrumen yang digunakan  adalah tes kemampuan pemahaman konsepmatematis siswa,lembar pengamatan keterlaksanaan model pembelajaran dan lembar angket motivasi siswa.Hasilpenelitian: (1) Terdapat perbedaankemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan modelAudiotory Intellectualy Repetition berbantuan alat peraga dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional;  (2) model pembelajaranAudiotory Intellectualy Repetition berbantuan alat peraga memiliki pengaruh yang besar terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa pada materi limas; (3) keterlaksanaan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetitionberbantuan alat peraga pada materi limas dapat tercapai dengan baik; (4) motivasi belajar siswa tergolong tinggi ketika diterapkan model pembelajaran Auditory Intellectualy Repetition berbantuan alat peraga pada materi limas.


Keywords


Auditory Intellectualy Repetition (AIR); pemahaman konsep matematis; Alat peraga; Limas

Full Text:

PDF

References


Aris, S. (2014). Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media

Ayu. (2014). Penerapan Model Pembelajaran PBI Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Pada Materi Balok. Jurnal: Skripsi, Universitas Lampung

Depdiknas. (2007).Kurikulum 2007 Matematika Sekolah Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Erman, Munifah. (2010). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA Universitas Pendidikan Indonesia.

Julianti, Rosmaiyadi & Mariyam (2018). Pemahaman Konsep Matematis Siswa Dengan Strategi Pembelajaran Group To Group Exchange Berpendekatan Kontekstual. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 1.

Klipetrik, (2001). Meningkatkan Daya Matematik Mahasiswa Calon Guru Matematika Melalui Pembelajaran Berbasis masalah. Disertasi Pascasarjana UPI Bandung

Latifha. (2013). Penggunaan Alat Peraga Meteran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Bagi Siswa Berkesulitan Belajar Matematika.Jurnal: Fakultas Surakarta

Lestari dan Yudanegara. (2011). Penelitian Pendidikan Matematika. Kerawang: PT Refika aditama

Rostina. (2014). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Cv. ALFABETA

Sari, A.N., Wahyuni, R., & Rosmaiyadi. (2016). Penerapan Pendekatan Open-Ended untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 10 Pemangkat. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 20-24.

Sudjana, Nana. (2010). Mengembangkan dan Membuat Alat Peraga Matematika SD, SMP dan SMA.Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Sulaiman. (2015). Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Berbasis Konsep Geometri Pada Modelpembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share. Jurnal : STKIP Muhamadiah Lampong

Suryani, Elsa (2016). Analisis Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Operasi Hitung Bilangan Bulat Kela VII Mts Ushuluddin Singkawang. Skripsi, STKIP Singkawang. Tidak dipublikasikan

Trianto. (2008). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka

Wahyuni, dkk. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung. Vol.2. No.2.

Zukardi, Supardi. (2012). Pendidikan Matematika di Indonesia. Palembang: Universitas Sriwijaya




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v1i2.1677

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Journal of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

Editor in Chief: [email protected][email protected] / Wa : +6285347441263

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JERR IS INDEXED BY


Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.