Analisis Kemampuan Multi Representasi Matematis Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Teorema Phytagoras Kelas IX SMP Negeri 12 Singkawang

Niko Niko, Rika Wahyuni, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan multi representasi matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa pada materi teorema Phytagoras di kelas IX SMP Negeri 12 Singkawang. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan jenis penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas IX A yang berjumlah 28 orang. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan multi representasi matematis dan motivasi belajar siswa pada materi teorema Phytagoras. Instrumen pengumpulan data berupa tes tertulis berbentuk uraian sesuai dengan indikator kemampuan multi representasi matematis, angket motivasi belajar dan wawancara yang telah diujikan dengan validitas isi, validitas konstruk, reliabilitas, taraf kesukaran dan daya pembeda. Hasil penelitian pada siswa kelas IX SMP Negeri 12 Singkawang secara keseluruhan menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa tergolong sedang sehingga kemampuan multi representasi matematis mereka juga sedang. Sedangkan secara khusus menunjukkan bahwa: 1) kemampuan multi representasi matematis siswa pada materi teorema Phytagoras yang memiliki motivasi belajar tinggi berada pada kategori tinggi dengan indikator multi representasi dominan adalah visual; 2) kemampuan multi representasi matematis siswa pada materi teorema Phytagoras yang memiliki motivasi belajar sedang berada pada kategori rendah dengan indikator multi representasi dominan adalah visual; 3) kemampuan multi representasi matematis siswa pada materi teorema Phytagoras yang memiliki motivasi belajar rendah berada pada kategori rendah dengan indikator multi representasi dominan adalah visual.


Keywords


Multi Representasi Matematis; Motivasi Belajar; Teorema Phytagoras

Full Text:

PDF

References


Andromeda, Belka, Tomo Djudin, & Haratua Tiur Maria S. (2017). Analisis Kemampuan Multirepresentasi Siswa Pada Konsep-Konsep Gaya Di Kelas X Sma Negeri 3 Pontianak. Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Tanjungpura, Pontianak, 1-16

Darmastini, Dian Prastiwi & Abdul Haris Rosyidi. (2014). Multi Representasi Siswa Smp Dalam Menyelesaikan Soal Terbuka Matematika Ditinjau Dari Perbedaan Gender. MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 56-63

Fatmaryanti, Siska Desy, Suparmi, Sarwanto & Ashadi. (2017). Implementasi Model Pembelajaran Guided Inquiry dengan Multi Representasi (GIMuR). Yogyakarta: Deepublish (CV Budi Utama)

Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. (2013). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Rajawali Pers

Herlina, Edy Yusmin & Asep Nursangaji. (2017). Kemampuan Representasi Matematis Siswa Dalam Materi Fungsi Di Kelas Viii Smp Bumi Khatulistiwa. Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Untan, 6(10), 1-9

Husna, Nurul & Nurhayati. (2018). Pengembangan Pembelajaran Scientific Berbasis Multirepresentasi Untuk Menunjang Pembelajaran Matematika Dalam Kurikulum 2013. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(2), 74-80

Ihsan, Muhammad. (2016). Pengaruh Metakognisi dan Motivasi terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Kreativitas Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kecamatan Kindang Kabupaten Bulukumba. Al - Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, 4(2), 129-140

Kartini. (2009). Peranan Representasi Dalam Pembelajaran Matematika. Prosiding, 978-979-16353-3-2, 361-372

Kesumawati, Nila. (2017). Kemampuan Multi Representasi Matematis Dalam Materi Statistika Dasar. Dosen Pendidikan Matematika UPGRI Palembang, 1212-1219

Lestari, Karunia Eka & Mokhammad Ridwan Yudhanegara. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama

Mariyam, Nindy Citroresmi P & Rika Wahyuni. (2018). Pengembangan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Pertidaksamaan Linier Satu Variabel Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Modul. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(2), 66-73

Nopitasari, Dian. (2017). Analisis Kemampuan Multi Representasi Matematis Berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Mahasiswa. Pedagogy, 2(1), 1-11

Peraturan Pemerintah Indonesia. (2014). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 58 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Pertama/ Madrasah Tsanawiyah. Lampiran III: PMP MTK SMP

Sardiman. (2016). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v1i2.1676

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals

Journal Of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

 

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285347441263

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

  Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.