ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru SD dalam menanamkan kemampuan litasi sains siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah survey. Teknik analisis yang digunakan adalah studi literatur. Hasil analisis yang dilakukan, menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh guru dalam menanamkan kemampuan literasi sains siswa sangat berkaitan. Namun kebanyakan guru dalam proses pembelajaran berlangsung masih terfokus menggunakan buku. Sehingga membuat kemampuan literasi sains siswa tergolong rendah. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dalam menanamkan kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar guru perlu memperhatikan strategi yang akan digunakan dalam menanamkan kemampuan literasi sains.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Yunus, dkk. 2017. Pembelajaran Literasi. Jakarta : Bumi Aksara
Aisyah, Eny Nur. 2016. Strategi Pembelajaran Sains untuk Anak Prasekolah dan Sekolah Dasar Awal. Universitas Negeri Malang
Gherardini, Monalisa. 2016. Pengaruh metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan literasi sains. Universitas Negeri Jakarta. JURNAL PENDIDIKAN DASAR Volume 7 Edisi 2 Desember 2016
Kristyowati, Reni dan Agung Purwanto. 2019. Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfataan Lingkungan. Universitas Negeri Jakarta
Noviyanti, Erna. 2017. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Literasi Sains di Sekolah Dasar. Universitas Islam Sultan Agung. Prosiding Seminar Nasional
OECD. 2003. The PISA 2003 Assessment Framework. Paris: OECD
OECD. 2015. PISA 2015 Results. OECD. (http://www.businessinsider.co.id/pisa-worldwide-ranking-of-math-science-reading-skills-2016-12/) diakses pada tanggal 17 Oktober 2019 pukul 18.00 WIB
Rohmah, Balqis Fauzatul. 2017. Stretegi Guru dalam Membina Literasi Sains di madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Tesis (hal 127-145)
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta Bandung
Sumanstri, Mohamaad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada
Yulianti, Yuyu. 2017. Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Universitas Majalengka. Jurnal cakrawala pendas. Vol 3 No 2. Edisi Juli 2017.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v1i2.1674
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
Journal of Educational Review and Research
e-ISSN : 2597-9760
p-ISSN : 2597-9752
Editor in Chief: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285347441263
Publisher: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JERR IS INDEXED BY