ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MENANAMKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA SEKOLAH DASAR

Tandri Aisah, Emi Sulistri

Abstract


Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mendeskripsikan strategi guru SD dalam menanamkan kemampuan litasi sains siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah survey. Teknik analisis yang digunakan adalah studi literatur. Hasil analisis yang dilakukan, menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh guru  dalam menanamkan kemampuan literasi sains siswa sangat berkaitan. Namun kebanyakan guru dalam proses pembelajaran berlangsung masih terfokus menggunakan buku. Sehingga membuat kemampuan literasi sains siswa tergolong rendah. Jadi, dapat disimpulkan bahwa dalam menanamkan kemampuan literasi sains siswa sekolah dasar guru perlu memperhatikan strategi yang akan digunakan dalam menanamkan kemampuan literasi sains.


Keywords


Strategi, literasi sains

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus, dkk. 2017. Pembelajaran Literasi. Jakarta : Bumi Aksara

Aisyah, Eny Nur. 2016. Strategi Pembelajaran Sains untuk Anak Prasekolah dan Sekolah Dasar Awal. Universitas Negeri Malang

Gherardini, Monalisa. 2016. Pengaruh metode pembelajaran dan kemampuan berpikir kritis terhadap kemampuan literasi sains. Universitas Negeri Jakarta. JURNAL PENDIDIKAN DASAR Volume 7 Edisi 2 Desember 2016

Kristyowati, Reni dan Agung Purwanto. 2019. Pembelajaran Literasi Sains Melalui Pemanfataan Lingkungan. Universitas Negeri Jakarta

Noviyanti, Erna. 2017. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Literasi Sains di Sekolah Dasar. Universitas Islam Sultan Agung. Prosiding Seminar Nasional

OECD. 2003. The PISA 2003 Assessment Framework. Paris: OECD

OECD. 2015. PISA 2015 Results. OECD. (http://www.businessinsider.co.id/pisa-worldwide-ranking-of-math-science-reading-skills-2016-12/) diakses pada tanggal 17 Oktober 2019 pukul 18.00 WIB

Rohmah, Balqis Fauzatul. 2017. Stretegi Guru dalam Membina Literasi Sains di madrasah Ibtidaiyah. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang. Tesis (hal 127-145)

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Alfabeta Bandung

Sumanstri, Mohamaad Syarif. 2015. Strategi Pembelajaran. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Yulianti, Yuyu. 2017. Literasi Sains dalam Pembelajaran IPA. Universitas Majalengka. Jurnal cakrawala pendas. Vol 3 No 2. Edisi Juli 2017.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v1i2.1674

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals

Journal Of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

 

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285347441263

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

  Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.