Studi Pustaka: Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah

Safitri Safitri, Nurhayati Nurhayati

Abstract


Penelitian ini di latarbelakangi oleh pentingnya faktor keluarga khususnya perhatian orang tua untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh perhatian orang tua terhadap prestasi belajar. Jenis penelitian adalah studi pustaka. Studi pustaka yang dilakukan adalah studi pustaka terhadap jurnal, artikel, skripsi ataupun tesis hasil penelitian. Hasil penelitian ini didapatkan bahwa perhatian orang tua berpengaruh sangat kuat terhadap prestasi belajar siswa dari sisi psikologis anak

Keywords


Perhatian orang tua;prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. & Widodo. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Djamarah, S.B. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Fathurrohman, M.T. (2017). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 10(6), 975-982.

Nitko, A.J., & Brokhart, S. M. (2011). Educational assessment of students (6th ed.). Boston: Allyn & Bacon.

Rismawati, K. (2015). Pengaruh Perhatian Orang Tua dalam Kegiatan Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Daerah Binaan III Kecamatan Kandangserang Kabupaten Pekalongan. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Rohman, A. (2009). Memahami Pendidikan & Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang Mediatama Yogyakarta. Arif Rohman. (2009). Memahami Pendidikan & Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: LaksBang Mediatama Yogyakarta.

Sardiman A.M. (2007). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Yusmanto, B. (2014). Pengaruh Perhatian Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VIII MTs NU 17 Kyai Jogoreso Kendal Tahun Pelajaran 2013/2014. Semarang: IAIN Walisongo Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v1i2.1624

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals

Journal Of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

 

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285347441263

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

  Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.