Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Ditinjau dari Self Confidence

Santi Purnama, Mertika Mertika

Abstract


Kemampuan Pemecahan Masalah merupakan sebuah jalan untuk membangun pendidikan agar siswa lebih mengembangkan kemempuan pemecahan masalah. Penulisan artikel ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis kemampuan pemecahan masalah yang ditinjau dari Self Confidence. Artikel ini merupakan hasil analisis dengan mengkaji literatur yang memiliki keterkaitan dengan topik pembahasan. Model yang digunakan adalah studi literatur atau lirature riview. Dari hasil penelaahan, hasil yang didapat menunjukkah bahwa kepercayaan diri seseorang sangat berpengaruh dalam kemampuan pemecahan masalah, ditarik kesimpulan bahwa seseorang yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi sangat membantu dalam penyelesaian tugas pemecahan masalah.

Keywords


Kemampuan Pemecahan Masalah; Self Confidence;Pembelajaran

Full Text:

PDF

References


Agustyaningrum, N & Widjajanti, DB. (2013). Pengaruh Pendekatan CTL dengan Setting Kooperatif Tipe Kancing Gemerincing terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis, Kepercayaan Diri, dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 8, No. 2 (171 – 180).

Ahmad, G., Akbar, M., Diniyah, A. N., Akbar, P., & Nurjaman, A. (2018). Analisis kemampuan kemampuan penalaran dan self confidence siswa sma dalam materi peluang, 1(1), 14–21.

Aisyah, N, A.,dkk. (2018). Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Confidence Siswa SMP. Journal On Education.1(1), 58-65.

Farida, N. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 4(2), 42-52.

Hudoyo, Herman. 1979. Pengembangan Kurikulum Matematika. Surabaya: Usaha Nasional.

Lestari, K. E. & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.

Mertika, Astuti, T. M. P. & Rodiyah. (2018). The Impementtion of characterr Education in Shaping Social Development of Stugdents in Private Elementary School of mazmure 21 Pontianak: jourenal of Educational Social studis Vol. 7, No. 2 (1854-1954).

NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston: National Council of.

Purwasih, R. (2015). Meningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis dan Self Confidence Siswa MTs di Kota Cimahi melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing. Didaktik, 9 (1), 16-25.

Ramdan, Z,M ., dkk (2018). Analisis Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Smk Pada Materi Barisan Dan Deret. Aksioma Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Univ. Muhammadiyah Metro, 7(2), 171-179.

Sudrajat, D. (2008). Program pengembangan Self Efficacy bagi konselor di SMA Negeri se kota Bandung. Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jerr.v1i2.1619

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals

Journal Of Educational Review and Research

e-ISSN : 2597-9760

p-ISSN : 2597-9752

 

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285347441263

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

  Creative Commons License

Journal of Educational Review and Research is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.