Origami Training to Train Students' Motor Skills at SLBC Dharma Miranti
Abstract
Penekanan keterampilan hidup kepada anak berkebutuhan khusus sebagai bekal mereka untuk mandiri adalah kelebihan yang di miliki SLB dibandingkan sekolah lain untuk ABK. Mata pelajaran program khusus adalah mata pelajaran yang hanya ada dalam kurikulum di SLB. Khalayak sasaran kegiatan pelatihan origami untuk meningkatkan keterampilan motorik siswa. Kegiatan ini dilaksanakan dengan khalayak sasaran yaitu siswa yang ada di SLBC Dharma Miranti Singkawang. Hasil karya yang telah dibuat oleh masing-masing siswa, diberikan untuk dibawa pulang agar dapat ditunjukkan kepada orang tua dan keluarga di rumah serta dapat memotivasi mereka untuk belajar membuat bentuk lainnya.Hasil dari pelaksanaan kegiatan pelatihan origami ini menunjukkan bahwa demonstrasi melipat kertas origami menjadi salah satu media pembelajaran yang interaktif karena terjadi interaksi yang baik antara tim pengabdian dengan siswa
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfikri, I., & Ahsyar, T. K. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Seni Origami Berbasis Animasi untuk Anak Tunagrahita Sedang. Jurnal Ilmiah Rekayasa dan Manajemen Sistem Informasi, 3(2), 50-60.
Amalianingsih, R. (2019). Layanan Konseling Individual Dengan Teknik Permainan Pada Siswa Tunaganda (Studi Kasus di SKh Negeri 01 Kota Serang) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri SMH Banten).
Desiningrum, D. R. (2017). Psikologi Anak Berkebutuhan Khusus.Yogyakarta: Psikosain.
Hastuti, D., Sakti, K. W., & Rahmawati, C. (2018). Bermain Origami Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Retardasi Mental Sedang. Prosiding Pertemuan Ilmiah Nasional Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1, 169-181.
Mangande, O. B. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Keterampilan Melipat Kertas Origami pada Anak Cerebral Palsy Kelas Dasar III di SLB Negeri 1 Sidrap.
Musafir, M., Hadi, R., & Muhajirin, M. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Seni Melipat Origami Pada Anak Kelompok B Raudatul Jannah. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3).
Permendikbud.(2014). Permendikbud nomor 137 tahun 2014 tentang Standar Nasional PAUD
Salsabilla, Cindy. (2013). Seni Melipat Kertas Origami Untuk: Taman Kanak-Kanak. Surabaya: Serba Jaya.
Sumantri. (2005). Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Dinas Pendidikan.
Yusri, L. D., Adrianis, A., Rahman, A., Putri, D. E., Maulia, D., Idrus, I., ... & Yuniastuti, R. (2019). Pelatihan Origami Bagi Anak Usia Dini di Paud Jannatul Na’iem Sungai Buluh. Jurnal Warta Pengabdian Andalas, 26(1), 1-6.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/ijpd.v6i1.4129
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
International Journal of Public Devotion
e-ISSN :2614-6746
p-ISSN : 2614-6762
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) SIngkawang
Address : STKIP SIngkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
Editor in Chief: [email protected] / WA: +6282358388382
Cordinator: [email protected] / [email protected] / WA: +6282142072788
Plagiarism Tools