Menumbuhkan Motivasi Berwirausaha Aparat Kelurahan Bitung Karangria dan Mahasiswa Keperawatan Universitas Katolik De La Salle Manado

Teddy Tandaju, Steven Yones Kawatak

Abstract


Pertumbuhan ekonomi di Indonesia menunjukkan kontraksi yang cukup tajam dengan adanya pandemi COVID-19. Salah satu cara untuk meningkatkan kondisi perekonomian adalah dengan penciptaan sejumlah wirausahawan baru di berbagai lapisan masyarakat, di antaranya para aparat pemerintahan Kelurahan Bitung Karangria di Kota Manado dan mahasiswa/mahasiswi Fakultas Keperawatan Universitas Katolik De La Salle Manado. Untuk itu, perlu adanya suatu kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, dalam hal ini dalam bentuk penyuluhan, yang dapat menumbuhkan motivasi berwirausaha. Penyuluhan ini difokuskan pada memberikan pengetahuan tentang motivasi dan dampak ekonomi bagi keluarga dan masyarakat sekitar.  Pada kegiatan ini, tim pelaksana memaparkan keuntungan dan risiko berwirausaha serta mengenai penggunaan media sosial sebagai media promosi serta pentingnya kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan dalam dunia kewirausahaan. Mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk mempresentasikan rencana usaha yang telah mereka lakukan dan berdiskusi dengan peserta yang lain untuk menentukan berbagai langkah kerjasama dan pengembangan produk. Dari pengisian kuesioner terlihat bahwa tiga motivasi ekonomi yang paling dominan adalah untuk mencukupi kebutuhan keluarga, menabung demi masa depan, dan kemandirian finansial.

Keywords


Kewirausahaan; motivasi ekonomi; aparat pemerintah

Full Text:

PDF

References


Kasmir. (2020). Kewirausahaan (Edisi Revisi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nasrullah, R. (2015). Media Sosial: Perspektif Komunikasi, Budaya dan Sosioteknologi. Bandung: Simbiosa Rekatama.

Ratnawati, D., & Kuswardani, I. (2010). Kematangan Vokasional dan Motivasi Berwirausaha pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Jurnal Psikohumanika, 3(1), 1-8.

Rusdiana, A. (2018). Kewirausahaan Teori dan Praktek. Bandung: Pustaka Setia.

Saiman, L. (2014). Kewirausahaan, Teori, Praktik, dan Kasus-kasus. Jakarta: Salemba Empat.

Saragih, A. (2019). Analisis Kemampuan Berwirausaha terhadap Usaha Rumah Makan India Tebing Tinggi. Medan: Universitas Sumatera Utara.

Tandaju, T., & Kawatak, S. Y. (2018). Motivational Aspects for Entrepreneurs to Run New Ventures based on Psychological, Economic, Sociological, Cultural and Behavioral Perspectives. Jurnal Lasallian, 15(1), 1-7.

Tandaju, T., Langelo, W., Merung, Y., Kelana, G., Sumual, L., Kaunang, S., & Lambut, A. (2015). Modul Kewirausahaan. Manado: Universitas Katolik De La Salle Manado.

Widiyaningsih, A. (2015). Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Berwirausaha terhadap Minat Berwirausaha Mahasiswa Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran Fakultas Ekonomi UNY. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Winarno. (2011). Pengembangan Sikap Entrepreneurship dan Intrapreneurship. Jakarta: PT Indeks.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/ijpd.v4i2.2735

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

International Journal of Public Devotion

e-ISSN :2614-6746

p-ISSN : 2614-6762

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) SIngkawang

Address : STKIP SIngkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: [email protected] / WA: +6282358388382

Cordinator: [email protected] / [email protected] / WA: +6282142072788

Plagiarism Tools

     

 

 

  Creative Commons License

International Journal of Public Devotion is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.