Pelatihan Flipped Learning Berbasis Saintifik dan Implementasinya dalam Pembelajaran BDR di Sekolah Dasar

Fery Muhamad Firdaus, Irfan Wahyu Prananto, Sri Rochadi, Rahayu Condro Murti, Yoppy Wahyu Purnomo

Abstract


Kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) ini dilaksanakan atas dasar kebutuhan dari kelompok sasaran. Tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk memberikan wawasan dan keterampilan kepada guru SD dalam mengelola dan mengimplementasikan model flipped learning berbasis saintifik dalam pembelajaran BDR (Belajar di Rumah). PPM ini diikuti oleh guru SD di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Bantul. Peserta berjumlah 30 orang. Metode yang digunakan dalam PPM ini yaitu pelatihan, tanya jawab, diskusi, simulasi praktek pembelajaran, praktik mengajar dan pendampingan. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua bulan. Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilaskanakan selama dua bulan sejak 22 Mei 2021 sampai 21 Juli 2021. Adapun tahapan kegiatan meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) evaluasi dan tindak lanjut. Berdasarkan penilaian terhadap produk yang dihasilkan peserta, maka kemampuan peserta untuk menyusun perencanaan melalui pengembangan perangkat pembelajaran flipped learning berbasis saintifik, serta pelaksanaan praktek mengajar pembelajaran flipped learning berbasis saintifik dapat dinyatakan sudah terampil.


Keywords


Kata Kunci : Flipped Learning; Saintifik; Belajar dari Rumah

Full Text:

PDF

References


Alamri, M. M. (2019). Students' Academic Achievement Performance and Satisfaction in a Flipped Classroom in Saudi Arabia. International Journal of Technology Enhanced Learning, Vol. 11, No. 1, Pp. 103-119.

Bergmann, J., & Sams, A. (2012). Flip Your Classroom : Reach Every Student in Every Class Every Day. (L. Gansel & T. Wells, Eds.). USA: Courtney Burkholder.

Collins, A., & Halverson, R. (2018). Rethinking Education in the Age of Technology: The Digital Revolution and Schooling in America. Teachers College Press.

Daryanto, (2014). Pembelajaran Tematik, Terpadu, Terintegrasi (Kurikulum 2013). Jogjakarta: Gava Media.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Kemendikbud. (2013). Peraturan Pemerintah No 65 Tahun 2013 Tentang Standar Proses. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Kemendikbud. (2014). Materi Pelatihan Guru Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.

Lubis, M. A. & Azizan, N. (2019). Pembelajaran Tematik di SD/MI (Implementasi Kurikulum 2013), Yogyakarta: Samudra Biru.

Majid, A. (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sales, N. (2013). Flipped the Classroom: Revolutionising Legal Research Training. Cambridge Journals. Vol. 13. Pp 231-235.

Yulietri, F., Mulyoto, & Agung, L. (2015). Model Flipped Classroom dan Discovery Learning Pengaruhnya terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Kemandirian Belajar. Teknodika, Vol. 13, No. 2, Pp 5–17.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/ijpd.v4i2.2645

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

International Journal of Public Devotion

e-ISSN :2614-6746

p-ISSN : 2614-6762

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) SIngkawang

Address : STKIP SIngkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: [email protected] / WA: +6282358388382

Cordinator: [email protected] / [email protected] / WA: +6282142072788

Plagiarism Tools

     

 

 

  Creative Commons License

International Journal of Public Devotion is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.