Peningkatan Pembelajaran di Sekolah Dasar Melalui Pengabdian Masyarakat Berbasis Literasi Pada Era Pandemi Covid-19

Sri Lestari Handayani, Khairil Khairil, Kusmajid Kusmajid

Abstract


Tujuan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah menjadi wadah nyata dalam meningkatkan kiterasi numerasi di sekolah dan meningkatkan pembelajran di masa pandemi covid-19. Lima sekolah dasar yang terlibat meliputi SDN Susukan 08 Pagi, SD Islam Taman Quraniyah, SD Swasta Cokroaminoto, SDN Kebon Cau II, dan SDN 4 Tukak Sadai. Kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan menggunakan metode pendampingan. Pelaksanaan kegiatan dimulai dari 17 Agustus 2020 – 17 September 2020. Kegiatan – kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa dibawah pendampingan dosen meliputi: 1) pengenalan ruang lingkup sekolah; (2) mendukung guru kelas dalam mengembangkan pembelajaran literasi dan numerasi; (3) memberi bantuan pada guru dalam pelaksanaan pembelajaran baik daring ataupun luring; (4) membantu adaptasi pengenalan teknologi dalam kegiatan belajar mengajar; (5) mendukung dan membantu pengelolaan administrasi sekolah; (6) memberi dukungan bagi guru, peserta didik, dan pihak sekolah dalam beradaptasi melalui penerapan dan penggunaan teknologi untuk mendukung kegiatan belajar di rumah; (7) membantu pemerintah untuk mensosialisasikan dan menggunakan modul pembelajaran terkait literasi numerasi di lingkungan sekolah pada masa pandemi, mengenalkannya pada peserta didik, guru serta wali murid atau orang tua; dan (8) mendukung proses pembelajaran daring di sekolah selama masa pandemi dengan  menyusun perangkat pembelajaran daring dan penggunaan serta pemanfaatan teknologi untuk keperlu belajar mengajar secara daring.

Keywords


Pengabdian Masyarakat; Literasi; Pembelajaran; Sekolah Dasar; Pandemi covid-19

Full Text:

PDF

References


Dewi, T. U., & Handayani, S. L. (2020). Pelatihan Pembuatan Soal Berbasis Digital Bagi Guru SMA di Era Revolusi Industri 4.0. JIPEMAS: Jurnal Inovasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 3(2), 146–153. https://doi.org/10.33474/jipemas.v3i2.6697

Handarini, O. I., & Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(3), 496–503.

Ibda, H. (2018). Penguatan Literasi Baru Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0. JRTIE: Journal of Research and Thought of Islamic Education, 1(1), 1–21.

Kusmana, S. (2017). Pengembangan Literasi dalam Kurikulum Pendidikan Dasar dan Menengah. Diglosia - Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, Dan Kesusastraan Indonesia, 1(1), 140–150.

Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Kbaupaten Banjarnegara. Eelementary School, 7(2), 297–302.

Rosali, E. S. (2020). Aktifitas Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid -19 di Jurusan Pendidikan Geografi Universitas Siliwangi Tasikmalaya. Geography Science Education Journal (GEOSEE), 1(1), 21–30. https://www.researchgate.net/publication/340917125_Kendala_Pelaksanaan_Pembelajaran_Jarak_Jauh_PJJ_dalam_Masa_Pandemi/stats

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 06(02), 214–224. https://online-journal.unja.ac.id/biodik




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/ijpd.v4i1.2238

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals

International Journal of Public Devotion

e-ISSN :2614-6746

p-ISSN : 2614-6762

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) SIngkawang

Address : STKIP SIngkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: [email protected] / WA: +6282358388382

Email Cordinator: [email protected] / [email protected] /Wa : +6282142072788

Plagiarism Tools

     

  Creative Commons License

International Journal of Public Devotion is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.