Implementation of Tutoring Program in Discussion of USBN Problem for Class VI Students at SDN 05 Saparan

Rini Setyowati, Rika Wahyuni, Erdi Guna Utama, Sumarli Sumarli, Lili Yanti, Sri Mulyani, Nurhayati Nurhayati, Heru Susanto, Emi Sulistri

Abstract


Program pengabdian masyarakat ini merupakan salah satu implementasi dari penerapan KKN- PPM  yang bertujuan untuk dapat memotivasi kemauan belajar siswa, melatih keterampilan siswa dalam pengerjaan soal ujian nasional berbasis nasional(USBN), menambah wawasan serta pengalaman baru, melatih kemandirian dan keaktifan siswa dengan adanya bimbingan belajar. Pembahasan soal ujian nasional berbasis nasional (USBN) difokuskan pada mata pelajaran Bahasa Indonesia, IPA dan Matematika. Kegiatan KKN- PPM adalah memberikan Program Bimbingan Belajar dalam Pembahasan Soal USBN yaitu siswa kelas VI SDN 05 Saparan, Desa Kumba, Kecamatan Jagoi Babang, Kelurahan Bengkayang yang berjumlah 13 orang dengan 6 laki-laki dan 7 orang perempuan. Metode kegiatan menggunakan pendekatan edukatif dengan metode ceramah, tanya jawab dan diskusi kelompok. Hasil dari kegiatan KKN-PPM ini menunjukkan bahwa BIMBEL yang  peneliti lakukan dapat dikatakan sudah berhasil dengan metode dan strategi yang santai dan menyenangkan sehingga didapatkan respon positif dari siswa yang terkait di dalam pembelajaran bimbingan belajar ini.

Keywords


KKN-PPM, Bimbingan Belajar; Bahasa Indonesia; Matematika; IPA

Full Text:

PDF

References


Nurkholis. 2013. Pendidikan dalam Upaya Memajukan Teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1). 24-44. Diperoleh dari http://ejournal.iainpurwokerto.ac.id/index.php/ jurnalkependidikan/article/view/530.

Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan No. 48 tahun 2018, Prosedur Operasional Standar Penyelenggaraan Ujian Sekolah Berstandar Nasional.

Rizka, H. R. Mahmmud & Auwaludin. (2017). Pelaksanaan Bimbingan Pada Siswa Sekolah Dasar Negeri 40 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. 2(1). 121-132. Diperoleh dari http://media.neliti.com/media/publications/1888343-ID-pelaksanaan-bimbingan-pada-siswa-sekolah.pdf

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidkan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Cv. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/ijpd.v2i2.1592

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

International Journal of Public Devotion

e-ISSN :2614-6746

p-ISSN : 2614-6762

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) SIngkawang

Address : STKIP SIngkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: [email protected] / WA: +6282358388382

Cordinator: [email protected] / [email protected] / WA: +6282142072788

Plagiarism Tools

     

 

 

  Creative Commons License

International Journal of Public Devotion is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.