Pemerolehan Bahasa pada Anak Perempuan dan Laki-Laki Umur 8 Tahun di SD Negeri Ngoresan Surakarta (Kajian Psikolinguistik)

Megawati Rustan, Djatmika Djatmika, Haris Khoironi, Ahmad Khawarismi Zihan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji keterampilan dan akuisisi bahasa pada 2 anak yang berbeda jenis kelamin, yakni anak perempuan berinisial N dan laki-laki A umur 8 tahun di SD Negeri Ngoresan Surakarta. Fokus pada subjek dalam penelitian ini adalah membandingkan keterampilan dan akuisisi bahasa pada anak perempuan dan anak laki-laki dengan umur yang sama melalui teknik menceritakan gambar yang disediakan. Adapun teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah teknik simak libat cakap dan teknik rekam. Teknik tersebut dipilih guna untuk mengajak subjek berinteraksi, berbicara langsung, dan terlibat mendampingi dalam menceritakan gambar. Adapun hasil penelitian yang ditemukan adalah dalam keterampilan bahasa anak perempuan dan laki-laki memiliki kadar keterampilan yang berbeda-beda hal itu dipengaruhi oleh kognitif, sosial, dan linguistik pada anak. Sedangkan pemerolehan bahasa, ditemukan anak laki-laki dalam bercerita menggunakan bahasa Jawa bahkan terjadi alih kode, sementara anak perempuan dalam bercerita menggunakan bahasa Indonesia.

Keywords


Pilihan kata, Struktur Kalimat, Variasi Bahasa, Bercerita

Full Text:

PDF

References


Agustina, A. C. (2004). Sosiolinguistik Perkenalan Awal. PT Rineka CIpta.

Dona Aji Karunia Putra, Yuanita Fitriyana, S. K. P. (2023). KEMAMPUAN BERCERITA PADA ANAK USIA 9 TAHUNKEMAMPUAN BERCERITA PADA ANAK USIA 9 TAHUN. Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, Dan Pengajarannya, Volume 6 –.

Hamiidah, F., Reisa Nurrahman, & Putra, D. A. K. (2022). Perbandingan Akuisisi Bahasa Anak Perempuan dan Laki-laki Usia 2-4 Tahun. Referen, 1(1), 44–56. https://doi.org/10.22236/referen.v1i1.9158

Isnainy, S., & Setyawan, A. (2021). Pengaruh Metode Bercerita terhadap Keterampilan Berbicara dalam Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas III di SDN Telang 1. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(1), 12–16. http://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpb/article/view/316%0Ahttp://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpb/article/download/316/312

Mardison, S. (2016). PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA SEKOLAH DASAR/ MADRASAH IBTIDAIYAH (SD/MI). Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, Volume VI.

Mulyati, Y. (2015). Hakikat Keterampilan Berbahasa Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Keterampilan Berbahasa Indonesia SD, 1–34.

Nurjanah, A. P. (2020). Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Pada Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Potensia, 5(1), 1–7. www.jleukbio.org

Subriani, E., Arifuddin, A., & Muhaimi, L. (2020). Ketepatan Pilihan Kata dalam Campur Kode pada Anak Usia Dini Hasil Perkawinan Endogami dalam Berkomunikasi dengan Anggota Keluarga dan Teman Sejawat. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan), 4(3), 363–375. https://doi.org/10.58258/jisip.v4i3.1229




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/cling.v7i2.6265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals

STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

CAKRAWALA LINGUISTA

e-ISSN : 2597-9787

p-ISSN : 2597-9779


Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285245145680

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Cakrawala Linguista is Indexed By

 


  Creative Commons License

CAKRAWALA LINGUISTA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.