Menumbuhkan Keterampilan Menyimak Mahasiswa Dalam Mata Kuliah Bahasa Indonesia

Dewi Leni Mastuti

Abstract


Tujuan dalam penelitian ini melibatkan telaah literatur untuk memahami pentingnya keterampilan menyimak dalam mata kuliah bahasa Indonesia. Pengumpulan data berupa artikel jurnal, buku, serta riset terkini, untuk memahami tentang konsep keterampilan menyimak yang berkaitan dengan mata kuliah bahasa Indonesia dengan teknik library search sebagai awal penelitian. Data yang digunakan ialah data sekunder. Data sekunder adalah pengumpulan data dari beberapa sumber yang telah dipublikasikan. Data sekunder adalah pengumpulan data dari beberapa sumber yang telah dipublikasikan. Data sekunder diantaranya literatur missalnya buku referensi, artikel jurnal, hasil survei, dan lainnya. Teknik simak yang digunakan dalam pengumpulan data yang melibatkan pengamatan terhadap kemampuan mahasiswa dalam menyimak mata kuliah bahasa Indonesia. Validasi penelitiannya dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian yang diambil benang merahnya yaitu; 1) Media pembelajaran yang digunakan bervariasi; dan 2) Bahan ajar yang sesuai dengan apa yang akan diajarkan. Media pembelajaran yang selalu bervariasi digunakan oleh dosen membuat perkuliahan semakin menarik dan berkualitas; serta Bahan ajar yang selalu mengikuti perkembangan zaman mampu menarik perhatian serta motivasi mahasiswa dalam perkuliahan mata kuliah bahasa Indonesia dalam menyimak.

 

Kata Kunci : Keterampilan, Menyimak, Bahasa Indonesia.


Keywords


Keterampilan, Menyimak, Bahasa Indonesia.

Full Text:

PDF

References


Agustni, P. P. Kristiantari, M. R, dan Putra, D. K. N. S. 2016. “Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Keterampilan Menyimak Tema Sejarah Peradaban Indonesia pada Siswa Kelas V SDN 8 Sumerta.” Mimbar PGSD Undiksha, 4(1), 1-10.

Aminawati, B. F. 2019. Keterampilan Menyimak Pidato. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Bang, Sujin and Hilver, Phil. 2016. “Investigating the Structural Relationships of Cognitive and Affective Domains of L2 Listening.”Asian-Pacific Journal of Second and Foreign Language Education.

Berk, Ronald. 2009. Multimedia Teaching with Video Clips: TV, Movies, Youtobe, and MTv in the College Classroom. International Journal of Technology in Teaching and Learning.The Johns Hopkes University.

Daryanto. 2013. Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Deegan, C., dan Rankin, M. 1996. Do Australian Companies Report Environmental News Objectively: An Analysis of Environmental Disclosures by Firms.

Kurniawan, Deni. 2011. PembelajaranTerpadu. Bandung: Pustaka Cendekia Utama.

Harmer, Jeremy. 2006. The Practice of English Language Teaching: Pearson Education Limited.

Hunt, Gary T. 1994. Publik Speaking. Englewood Cliffts: Prentice Hall Inc.

Nurasiah, I., Marini, A., Nafiah, M., dan Rachmawati, N. 2022. “Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma baru Program Sekolah Penggerak untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.” Jurnal Basicedu, 6(3), 3639-3648.

Purwadi dan Swandono. 2000. BPK Menyimak Bahasa Indonesia. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Rosdiana, E., Kusmariyatni, N. N. dan Widiana, I. W. 2013. “Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Paired Storytelling Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menyimak Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD.” Mimbar PGSD Undiksha, 1(1), 1-11.

Russel, David dan Black. 2007. Listening Aids Through the Grades. New York: Bureau of Publication, Columbia University.

Sari, I. T. P., dan Sylvia, E. 2020. “Analisis Karakteristik Mahasiswa dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Entrepreneur Kabupaten Garut.” Business Innovation and Entrepreneurship Journal, 2(1), 28-40.

Sukmara, Dian. 2003. Implementasi Program Life Skill. Bandung: Mughni Sejahtera.

Tarigan. 1994. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Tarigan. 2008. Menyimak Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa.

Tarigan, H. G. 2015. Menyimak sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Wendra, I Wayan. 2014. Penulisan Karya Ilmiah (Buku Ajar). Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/cling.v7i2.6228

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals

STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

CAKRAWALA LINGUISTA

e-ISSN : 2597-9787

p-ISSN : 2597-9779


Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285245145680

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Cakrawala Linguista is Indexed By

 


  Creative Commons License

CAKRAWALA LINGUISTA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.