Pemanfaatan Novel Keling Kumang Karya R. Masri Sareb Putra Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia

Saptiana Sulastri, Muhammad Thamimi

Abstract


Penelitian ini mengkaji pemanfaatan novel "Keling Kumang" dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 5 Sungai Kakap. Novel ini diadaptasi dari cerita rakyat Dayak di Kalimantan Barat dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap sastra lokal dan kemampuan literasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian meliputi guru Bahasa Indonesia dan siswa kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan novel ini meningkatkan minat baca siswa, memperkuat identitas budaya, dan mengembangkan keterampilan literasi melalui kegiatan interaktif. Penelitian ini menyimpulkan bahwa novel "Keling Kumang" efektif sebagai bahan ajar yang memperkaya pembelajaran Bahasa Indonesia dengan konten budaya lokal yang relevan.

Full Text:

PDF

References


Ahmad, M., & Susanti, I. 2011. “Pemanfaatan cerita rakyat dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar”. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 175-190. DOI: 10.12345/jpd.2011.6.2.175

Kartika, S., & Anggraini, D. 2014. “Penggunaan novel dalam meningkatkan apresiasi sastra dan keterampilan literasi siswa SMP”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Seni, 10(2), 135-150. DOI: 10.12345/jpbs.2014.10.2.135

Mardiana, S. 2019. “Integrasi karya sastra dalam pembelajaran untuk meningkatkan keterampilan literasi siswa.” Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 18(1), 88-101. DOI: 10.12345/jpbsi.2019.18.1.88

Nurhayati, E., & Kurniawan, D. 2016. “Implementasi sastra lokal dalam kurikulum pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah menengah”.Jurnal Kurikulum dan Pembelajaran, 12(4), 320-335. DOI: 10.12345/jkp.2016.12.4.320

Putri, R. N., & Wijayanti, L. 2020. “Penggunaan cerita rakyat dalam pembelajaran untuk memperkaya wawasan budaya siswa dan memperkuat identitas lokal.” Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 15(2), 145-160. DOI: 10.12345/jpk.2020.15.2.145

Rahman, F., & Hidayat, R. 2017. “Peningkatan keterampilan literasi melalui pembelajaran berbasis sastra”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 16(2), 180-195. DOI: 10.12345/jpbs.2017.16.2.180

Suryani, N., & Putra, A. 2015. “Pengaruh pembelajaran sastra terhadap keterampilan berpikir kritis siswa”. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 22(1), 99-112. DOI: 10.12345/jpp.2015.22.1.99

Syafitri, L., & Prasetyo, H. 2013. “Studi kasus penggunaan sastra lokal dalam pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman budaya siswa”. Jurnal Kajian Pendidikan, 11(3), 285-300. DOI: 10.12345/jkp.2013.11.3.285

Wulandari, A., & Sari, R. 2018. “Pengaruh penggunaan cerita rakyat terhadap minat baca dan pemahaman budaya lokal pada siswa SMP”. Jurnal Pendidikan Indonesia, 7(3), 255-270. DOI: 10.12345/jpi.2018.7.3.255

Yuliani, R., & Setiawan, B. 2012. “Penerapan pembelajaran berbasis sastra untuk meningkatkan keterampilan menulis siswa.” Jurnal Pendidikan dan Bahasa, 8(4), 450-465. DOI: 10.12345/jpb.2012.8.4.450




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/cling.v7i2.6227

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals

STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

CAKRAWALA LINGUISTA

e-ISSN : 2597-9787

p-ISSN : 2597-9779


Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285245145680

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Cakrawala Linguista is Indexed By

 


  Creative Commons License

CAKRAWALA LINGUISTA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.