Penggunaan Model Pembelajaran Multiliterasi Berbasis Kearifan Lokal Pada Mata Kuliah Sastra Klasik
Abstract
Penelitian ini Penggunaan Model Pembelajaran Multiliterasi Berbasis Kearifan Lokal pada Mata Kuliah Sastra Klasik Kalimantan Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunakan media pembelajaran multiliterasi berbasis kearifan lokal pada mata kuliah Sastra Klasik Kalimantan Barat. Sementara menjadi fokus penelitian adalah berupa hasil pembelajaran yang menerapkan model pembelajaran multiliterasi berbasis kearifan lokal. Penelitian ini berjenis dekriptif. Penelitian dilakukan untuk mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran multiliterasi berbasis kearifan lokal pada mata kuliah Sastra Klasik Kalimantan Barat. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Penelitian yang dilakukan adalah penelitian yang deskriptif kualitatif, yaitu mencoba menjawab masalah berkaitan dengan penggunaan model pembelajaran multiliterasi berbasis kearifan lokal pada Mata Kuliah Sastra Klasik Kalimantan Barat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses dan hasil pembelajaran yang menggunakan model multiliterasi pada mata kuliah Sastra Klasik Kalimantan Barat. Hasil temuan ini menunjukkan bahwa hasil pembelajaran ini mahasiswa dengan menggunakan model pembelajaran multilitrerasi berbasis kearifan lokal mampu memberikan umpan balik yang positif serta dapat memahami secara rinci untuk menganalisis sastra klasik atau cerita rakyat daerah Kalimantan barat.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. 2012. Pembelajaran bahasa berbasis pendidikan karakter. Bandung: Refika Aditama.
Abidin, Y. 2014. Desain sistem pembelajaran dalam konteks kurikulum 2013.
Bandung: Refika Aditam
Abidin, Y, dkk. 2014. Perekayasaan pembelajaran literasi berbasis konsep multiliterasi, integratif, dan berdiferensiasi (mid) di sekolah dasar. [Laporan penulisan hibah bersaing]. Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.
Abidin, Y. 2015. Pembelajaran Multiliterasi, Sebuah Jawaban Atas Tantangan Abad 21 dalam Konteks Keindonesiaan. Bandung: Refika Aditama.
Ahyar, Dasep Bayu. 2021. Model-model Pembelajaran. Pradina Pustaka. Arifin, Z. 2013. Evaluasi pembelajaran. Bandung: Rosda.
Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar evaluasi pendidikan (edisi kedua). Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto,S. 2018. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Budiarto, G. 2020. Indonesia dalam pusaran globalisasi dan pengaruhnya terhadap krisis moral dan karakter. Pamator Journal, 13 (1), 50-56.
Bustarbustar, dkk. 2022. Metodologi Penelitian Pendekatan Multidisipliner.
Bandung: Media Sains Indonesia.
Dini, J. P. A. U. 2021. Pengembangan Model Pembelajaran Saintifik Berbasis Kearifan Lokal untuk Perkembangan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 1557-1565.
Kosasih, E. 2013. Sastra klasik sebagai wahana efektif dalam pengembangan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 13(2), 225- 236.
Ghazali, S. 2013. Pembelajaran keterampilan berbahasa, dengan pendekatan komunikatif-interaktif. Bandung: PT Refika Aditama.
Nurgiyantoro, B. 2014. Penilaian pembelajaran bahasa berbasis kompetensi.
Yogyakarta: BPFE- Yogyakarta.
Prastowo, Andi. 2017. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Tematik Terpadu Implementasi Kurikulum 2013 untuk SD/MI. Jakarta:
Kencana.
Saddhono K. & Slamet. 2012. Meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia.
Bandung: Karya Putra Darwati.
Subakti, Hani. 2022. Pembelajaran Sastra Berbasis Kearifan Lokal. Bandung: Media Sains Indonesia.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif.
Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sudjana, N. 2013. Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung: Remja Rosdakarya.
Sukmadinata, Nana Syaodih. 2017. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Syamsuddin, A.R dan Damaianti, V. 2011. Metode penulisan pendidikan bahasa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Tarigan, H. G. 2008. Membaca sebagai suatu keterampilan berbahasa. Bandung: Angkasa Bandung.
Utari, U., & Degeng, I. N. S. 2017. Pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal di sekolah dasar dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 1 (1), 39-44.
Wulandari, Y., & Purwanto, W. E. 2017. Kelayakan aspek materi dan media dalam pengembangan buku ajar sastra lama. Jurnal Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(2), 162-172.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/cling.v7i2.5103
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals
STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
CAKRAWALA LINGUISTA
e-ISSN : 2597-9787
p-ISSN : 2597-9779
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285245145680
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
Cakrawala Linguista is Indexed By