Pembelajaran Berbasis Lesson Study Dengan Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Baca Tulis Siswa

Rosmaiyadi Rosmaiyadi, Eva Purwanti, F Mukti Wibowo, Muhammad Shelviano Audityo, Susan Neni Triani, Heru Susanto, Fitri Fitri

Abstract


Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mendeksripsikan kemampuan guru dalam merancang dan menerapkan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada mata pelajaran Bahasa Indonesia di kelas VIII SMP Negeri 19 Singkawang. Penelitian ini merupakan penelitian Deskriptif Kualitatif. Subjek penelitian adalah guru mitra yang terlibat dalam program Lesson Study di SMP Negeri 19 Singkawang yang berjumlah 5 orang dan siswa kelas VIII D SMP Negeri 19 Singkawang. Analisis penelitian berfokus kepada tahapan-tahapan lesson study yang meliputi kegiatan perencanaan (plan), pelaksanaan (do) dan refleksi (see). Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan guru sudah mampu dalam merancang dan menerapkan pelaksanaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) yang berada pada kategori baik dan sangat baik. Proses pembelajaran Bahasa Indonesia dengan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat diikuti oleh siswa secara efektif. Hampir seluruh siswa sudah dapat berpartisipasi aktif di dalam pembelajaran. Hasil tes kemampuan literasi baca tulis siswa mengalami peningkatan dengan perolehan nilai rata-rata kelas sebesar 73,25 pada siklus 1 dan perolehan nilai rata-rata kelas sebesar 80,35 pada siklus 2. Sementara, hasil respon siswa terhadap proses pembelajaran diperoleh skor rata-rata sebesar 3,08 yang berarti respon siswa sangat positif.

Keywords


Lesson Study, Literasi, baca, tulis, PjBL, Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Abdi, A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas 5 Sd. Kalam Cendekia, Volume 6, Nomor 4.1, Hlm. 9 – 15, 6, 9–15

Amini, R., Setiawan, B., Fitria, Y., & Ningsih, Y. (2019). The Difference Of Students Learning Outcomes Using The Project-Based Learning And Problem-Based Learning Model In Terms Of Self-Efficacy. In Journal Of Physics: Conference Series. Https://Doi.Org/10.1088/1742- 6596/1387/1/012082

Arp, L. (1994). Library literacy. RQ (Reference and User Services Quarterly), hlm. 158-163.

Astini, B. N., Rahayu, D. I., Suarta, I. N., Nurhasanah, N., Astawa, I. M. S., & Buahana, B. N. (2021). Implementasi Pembelajaran Saintifik Melalui Lesson Studi di PAUD Rinjani Darma Wanita Unram. Indonesian Journal of Education and Community Services, 1(1), 5-8.Atmojo, I. R. W. (2020). Implementasi Pembelajaran Berbasis Science, Technology, Engenering, Art And Mathematich (STEAM) untuk Meningkatkan Kompetensi Paedagogik dan Professional Guru SD Melalui Metode Lesson Study. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(2). https://doi.org/10.20961/jpd.v8i2.44214

Bararah, I. (2017). Efektifitas perencanaan pembelajaran dalam pembelajaran pendidikan agama islam di sekolah. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(1), 131-147.

Bulkini, J., & Nurachadijat, K. (2023). Potensi Model PJBL (Project-Based Learning) dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di SMP Azzainiyyah Nagrog Sukabumi. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(1), 16-21.

Dwijayati, C. D. C., & Rahmawati, L. E. (2021). Kendala Literasi Baca Tulis sebagai Implementasi Gerakan Literasi Nasional di SMA Negeri 1 Pangkalan Bun. Tabasa: Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia, dan Pengajarannya, 2(1), 17-32.

Hamidah, I., & Citra, S. Y. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi Dan Sains, 4(2), 307-314.

Hefni, H. (2020). Pembelajaran Pbl Melalui Lesson Study Learning Community (LSLC) untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Sosiologi di STKIP PGRI Sumatera Barat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 892-901.

Herman, T. (2012). Meningkatkan kualitas pembelajaran matematika sekolah dasar melalui lesson study. Jurnal Pendidikan, 13(1), 56-63.

Irfana, S., Attalina, S. N. C., & Widiyono, A. (2022). Efektifitas Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Dalam Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Journal of Professional Elementary Education, 1(1), 56-64.

Juano, A., Ntelok, Z. R., & Jediut, M. (2019). Lesson Study sebagai Inovasi untuk Peningkatan Kualitas Pembelajaran. Randang Tana-Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 126-136.

Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102-109.

Keefe, E. B., & Copeland, S. R. (2011). What is literacy? The power of a definition. Research and practice for persons with severe disabilities, 36(3-4), 92-99

Lestari, I. P., Markhamah, M., & Ngalim, A. (2013). Penggunaan Metode Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Kedawung Kabupaten Sragen Tahunpelajaran 2011/2012 (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Malyana, A. (2020). Pelaksanaan pembelajaran daring dan luring dengan metode bimbingan berkelanjutan pada guru sekolah dasar di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 2(1), 67-76.

Mardhiyah, Rifa Hanifa, Sekar Nurul Fajriyah Aldriani, Febyana Chitta, and Muhamad Rizal Zulfikar. "Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia." Lectura: Jurnal Pendidikan 12, no. 1 (2021): 29-40.

McBride, B. B., Brewer, C. A., Berkowitz, A. R., & Borrie, W. T. (2013). Environmental literacy, ecological literacy, ecoliteracy: What do we mean and how did we get here?. Ecosphere, 4(5), 1-20. https://esajournals.onlinelibrary.wile y.com/doi/epdf/10.1890/ES13- 00075.1

Mukaramah, M., Kustina, R., & Rismawati, R. (2020). Menganalisis Kelebihan dan Kekurangan Model Discovery Learning Berbasis Audiovisual dalam Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1).

Murtiani, M., Fauzan, A., & Ratnawulan, R. (2012). Penerapan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) berbasis lesson study dalam meningkatkan kualitas pembelajaran fisika di SMP NEGERI kota Padang. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 1(1).

Nugroho, L. A., & Hendayana, S. (2011). Penerapan Lesson Study Berbasis Sekolah Untuk Melaksanakan Supervisi Akademik Pembelajaran Fisika Di Sma1. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika, 2(1). https://doi.org/https://doi.org/10.26877/jp2f.v2i1/April.124.

Nuraeni, D., Utaya, S., & Akbar, S. (2017). Aktivitas Belajar Dalam Pembelajaran Inside Outside Circle Melalui Lesson Study Pada Kelas V SD. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 2(9), 1175–1181. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v2i9.9931.

Nurkholis, Nurkholis. "Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi." Jurnal kependidikan 1, no. 1 (2013): 24-44.

Rezky, M. P., Sutarto, J., Prihatin, T., Yulianto, A., & Haidar, I. (2019). Generasi milenial yang siap menghadapi era revolusi digital (society 5.0 dan revolusi industri 4.0) di bidang pendidikan melalui pengembangan sumber daya manusia. In Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana (PROSNAMPAS) (Vol. 2, No. 1, pp. 1117-1125).

Rini, A. P. (2021). Lesson Study for Learning Community (LSLC). Ta'lim, 3(01), 25-38.

Risparyanto, A. (2017). Pengaruh motivasi dan kompetensi terhadap kualitas layanan pustakawan. Berkala Ilmu Perpustakaan dan Informasi, 13(1), 1-11.

Santi, C., Helmon, A., & Sennen, E. (2021). Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Literasi Pendidikan Dasar, 2(2), 31-40.

Schipper, T. M., van der Lans R. M., de Vries, S. Goei, S. L., & van Veen, K. (2020). Becoming amore adaptive teacher through collaborating in Lesson Study? Examining the influence of Lesson Study on teachers’ adaptive teaching practices in mainstream secondary education.Teaching and Teacher Education, 88, 102961

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar Di SDN Cikokol 2. As-sabiqun, 2(1), 7-17.

Sriyanto, J. (2007). Peningkatan kualitas pembelajaran melalui Lesson Study. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 16(1), 95-116.

Sudrajat, Akhmad. 2008. “Lesson Study Untuk Meningkatkan Proses Dan Hasil Pembelajaran, Dalam All About Education. (Beranda>Kurukulum Dan Pembelajaran).”

Suratmi, S. (2015). PEMBELAJARAN MENULIS KREATIF PUISI (Studi Kasus Kelas VII D Semester II MTs Negeri Mlinjon Kecamatan Klaten Tengah Kabupaten Klaten, Tahun Pelajaran 2013/2014) (Doctoral dissertation, Universitas Widya Dharma).

Syarafudin, H. M., & Ikawati, H. D. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi profesionalisme guru. Jurnal Cahaya Mandalika, 1(2), 47-51.

Syarif, M., & Jakfar, A. A. (2019). Strategi pengembangan pendidikan untuk meningkatkan kualitas SDM di Madura pasca pembangunan Jembatan Suramadu. Jurnal Pamator: Jurnal Ilmiah Universitas Trunojoyo, 12(1), 17-22.

Tukan, Y. T., Lemba, V. C., & Keban, S. K. K. (2023). Analisis Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA PGRI Larantuka. Social Science Academic, 1(2), 155-160.

Uno, H. H. B. (2010). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif Dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara. Https://Doi.Org/10.1038/Cddis.2011.1

Wahyuni, R. (2020). Efektivitas implementasi lesson study learning community dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Equity in Education Journal, 2(1), 11-18.

Zein, M. (2016). Peran guru dalam pengembangan pembelajaran. Inspiratif Pendidikan, 5(2), 274-285




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/cling.v7i1.4991

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals

STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

CAKRAWALA LINGUISTA

e-ISSN : 2597-9787

p-ISSN : 2597-9779


Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285245145680

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Cakrawala Linguista is Indexed By

 


  Creative Commons License

CAKRAWALA LINGUISTA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.