ANALISIS AKTIVITAS BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN DARING PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SUNGAI KAKAP

Hariyadi Hariyadi Hariyadi, Muhammad Thamimi Thamimi Thamimi

Abstract


Secara umum tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas belajar siswa melalui pembelajaran online pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Kakap. Jenis penelitian dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif. Data primer yang digunakan dalam penelitian ini adalah nilai angket siswa dan hasil belajar siswa, data sekunder dalam penelitian ini adalah hasil wawancara yang diperoleh dari guru mata pelajaran dan hasil pengisian angket yang diisi oleh siswa. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Kakap dan guru bahasa Indonesia. Teknik yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi teknik komunikasi langsung, komunikasi tidak langsung dan dokumentasi. Langkah-langkah analisisnya adalah sebagai berikut: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. (1). Penerapan pembelajaran online pada mata pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Kakap sudah berjalan dengan baik, terlihat dari hasil perhitungan angket yang diberikan kepada siswa tentang pembelajaran online sebesar 82,50%. (2). Aktivitas belajar siswa melalui pembelajaran online pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Kakap sudah berjalan cukup baik, hal ini terlihat dari hasil perhitungan angket yang diberikan kepada siswa tentang pembelajaran online sebesar 75,95%. (2) Upaya atau solusi yang dapat dilakukan untuk mengatasi aktivitas belajar siswa melalui pembelajaran online pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VIII di SMP Negeri 3 Sungai Kakap adalah mencari solusi dengan menggunakan pembelajaran berbasis jaringan. Guru dituntut untuk inovatif dalam menggunakan model pembelajaran online.

Keywords


Kegiatan Pembelajaran, Pembelajaran Online

Full Text:

PDF

References


Hasanah, A., Lestari, A. S., Rahman, A. Y., & Daniel, Y. I. (2020). Analisis aktivitas belajar daring mahasiswa pada pandemi Covid-19.

Istarani & Intan Pulungan. 2015. Ensiklopedi Pendidikan. Medan : Media Persada.

Miarso, Yusufhadi, (2011). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan. Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Nawawi, Hadari. (2015). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta : Gadjah Mada University Press.

Rusman. (2012). Model – Model Pembelajaran. Depok: Rajagrafindo Persada.

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.

Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cia.

Syah, Muhibbin. (2013). Psikologi Pendidikan,Dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Widiasworo Erwin. (2017). Strategi dan Metode Mengajar Siswa diLuar. Kelas. Yogyakarta: Ar-ruzz Media.

Zuldafrial. (2012). Penelitian Kualitatif. Surakarta: Yuma Pustaka.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/cling.v5i2.4018

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals

STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

CAKRAWALA LINGUISTA

e-ISSN : 2597-9787

p-ISSN : 2597-9779


Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285245145680

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Cakrawala Linguista is Indexed By

 


  Creative Commons License

CAKRAWALA LINGUISTA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.