Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Guru Pasca Pandemi dan Motivasi Belajar Siswa

Hariyadi Hariyadi, Al Ashadi Alimin, Nova Verliana Thomas

Abstract


Penelitian yang berjudul Hubungan Penggunaan Media Pembelajaran Guru Pasca Pandemi dan Motivasi Belajar Siswa ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran guru Bahasa Indonesia pasca pandemi pada motivasi belajar siswa; (2) Mendeskripsikan rata-rata motivasi belajar terhadap penggunaan media pembelajaran guru Bahasa Indonesia pasca pandemi; (3) Mendeskripsikan hubungan yang signifikan penggunaan media pembelajaran guru Bahasa Indonesia dan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan ialah kuantitatif deskriptif dan bentuk penelitian ini ialah Studi Korelasi yang menggunakan pendekatan survei. Sampel didalam penelitian ini berjumlah 65 orang dari jumlah keseluruhan populasi. Penentuan sampel menggunakan teknik sampling total. Data penelitian diperoleh melalui dua instrument (1) media pembelajaran bahasa Indonesia, (2) motivasi belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) persepsi siswa terhadap penggunaan media pembelajaran guru bahasa Indonesia diperoleh persentase sebesar 72,25% kategori “baik”, Adapun perolehan persentase perindikator sebesar 71,54% pada indikator penggunaan, pada indikator kesesuaian diperoleh persentase sebesar 72,21%, dan persentase pada indikator manfaat diperoleh sebesar 72,82%. (2) Rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 78,97 kategori “sangat baik", pada indikator internal diperoleh persentase sebesar 75,68% dan pada indikator eksternal diperoleh persentase sebesar 81,70%.  (3) Terdapat hubungan antara media pembelajaran yang digunakan guru bahasa Indonesia gdengan motivasi belajar dengan taraf siginifikasi >0,05 dan diperoleh r hitung sebesar 0,304 dengan  sig (0,014 >0,05) maka Hipotesis Alternatif (Ha) diterima dan pada sig 0,000<0,05 maka Hipotesis Nol (Ho) ditolak.


Keywords


media pembelajaran; motivasi belajar

Full Text:

PDF

References


Arsana, I. K. S., Katili, A. Y., & . S. (2020). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar di SMP Negeri 2 Gorontalo. Jurnal Dimensi Pendidikan Dan Pembelajaran, 8(3), 153–162. https://doi.org/10.24269/DPP.V8I3.2051

Arsilawita, A., & Suhaili, N. (2020). Peran Motivasi dalam Proses Pembelajaran untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 8(3), 46–55. https://doi.org/10.23960/JBT.V8I3.21582

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. PT. Raja Grafindo Persada.

Donnelly, R., & Patrinos, H. A. (2021). Learning loss during Covid-19: An early systematic review. Prospects, 51(4), 601–609. https://doi.org/10.1007/S11125-021-09582-6/TABLES/3

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104. www.juliwi.com

Handhika, J. (2012). EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN IM3 DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 1(2), 109–114. https://doi.org/10.15294/JPII.V1I2.2127

Karo-Karo, I. R., & Rohani, R. (2018). MANFAAT MEDIA DALAM PEMBELAJARAN. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(1). https://doi.org/10.30821/AXIOM.V7I1.1778

Kustandi, C., & Darmawaan, D. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran: Konsep & Aplikasi Pengembangan Media. Kencana. https://books.google.co.id/books?hl=en&lr=&id=cCTyDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=info:X-y2yfdNEeUJ:scholar.google.com&ots=0O8sxU5IFx&sig=fhJj6BA_1BVylOdKFGZGu6QrrLM&redir_esc=y#v=onepage&q&f=false

Moscoviz, L., & Evans, D. K. (2022). Learning Loss and Student Dropouts during the COVID-19 Pandemic: A Review of the Evidence Two Years after Schools Shut Down Abstract. www.cgdev.org

Nurfadhillah, S. (2021). MEDIA PEMBELAJARAN Pengertian Media Pembelajaran, Landasan, Fungsi, Manfaat. CV Jejak. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=zPQ4EAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PP1&dq=manfaat+media+pembelajaran&ots=LR1P6c1sQ1&sig=gLTi-h6wwAtZRZpl6NGUux3e5js&redir_esc=y#v=onepage&q=manfaat%20media%20pembelajaran&f=false

Nurmala, D. A., Tripalupi, L. E., & Suharsono, N. (2014). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN AKTIVITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR AKUNTANSI. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1). https://doi.org/10.23887/JJPE.V4I1.3046

Sardiman. (2018). Interaksi & motivasi belajar-mengajar. Rajawali Press. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=1136421

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Supit, D. (2020). Hubungan Media Pembelajaran Video Dengan Motivasi Belajar Siswa. CogITo Smart Journal, 6(1), 73–82. https://doi.org/10.31154/COGITO.V6I1.209.73-82




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/cling.v6i1.3826

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals

STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

CAKRAWALA LINGUISTA

e-ISSN : 2597-9787

p-ISSN : 2597-9779


Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285245145680

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Cakrawala Linguista is Indexed By

 


  Creative Commons License

CAKRAWALA LINGUISTA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.