PENGARUH METODE GROUP INVESTIGATION MENGGUNAKAN DARING DALAM PEMBELAJARAN READING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MA ZIADATUSSYAKIRIN NW SIKUR TAHUN AKADEMIK 2020-2021
Abstract
Dunia pendidikan saat ini sedang dihadapkan pada permasalahan besar yaitu penyebaran virus COVID 19. Para guru dan dosen dituntut untuk tidak melakukan pembelajaran secara tatap muka di karenakan untuk mencegah penyebaran virus tersebut. Oleh karena itu, diperlukan sebuah strategi dan metode pembelajaran yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Penelitian ini berjudul Pengaruh Metode Group Investigation Menggunakan Pembelajaran Online Dalam Pembelajaran Membaca Terhadap Hasil Belajar Siswa di MA Ziadatussyakirin NW Sikur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh metode Group Investigation dalam pembelajaran bahasa Inggris online khususnya pada kemampuan Reading terhadap hasil belajar siswa di MA Ziadatussyakirin NW Sikur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pra eksperimen. Metode penelitian ini menggunakan satu kelas sebagai kelas eksperimen sekaligus kelas kontrol. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI di MA NW Sikur tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini termasuk penelitian populasi karena semua anggota populasi pada penelitian ini menjadi sampel dikarenakan jumlah kelasnya hanya satu rombel. Sehingga sampel penelitian ini adalah 36 siswa di MA Ziadatussyakirin NW Sikur. Hasil belajar siswa diukur dengan menggunakan tes berupa soal pilihan ganda yang diambil dari materi yang telah dipelajarinya dan hasil tes tersebut kemudian dihitung dengan menggunakan statistik deskriptif, statistik inferensial dan pengujian hipotesis untuk melihat sejauh mana keberhasilan metode tersebut. Hasil penelitian ini adalah terdapat perbedaan nilai rata-rata yang signifikan antara pre-test dan post-test yaitu 59,4 dan 68,0 dan hasil pengujian hipotesis signifikan pada = 0,000, artinya hipotesis nol ditolak (Ho) dan hipotesis alternatif diterima (Ha). Artinya ada pengaruh metode Group Investigation dalam pembelajaran membaca pada siswa kelas XI MA Ziadatussyakirin NW Sikur tahun ajaran 2021-2022.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arends, Richard I. (2008). Learning To Teach: Seventh Edition. New York: McGraw Hills Companies.
Dhawan, S. (2020). Online learning: A panacea in the time of COVID-19 crisis. Journal of Educational Technology Systems, 49(1), 5-22.
Dhillon, B. P. S., Herman, H., & Syafryadin, S. (2020). The Effect of Skimming Method to Improve Students’ Ability in Reading Comprehension on Narrative Text. Linguists: Journal Of Linguistics and Language Teaching, 6(1), 77-88.
Hamid, R., Sentryo, I., & Hasan, S. (2020). Online learning and its problems in the Covid-19 emergency period. Jurnal Prima Edukasia, 8(1), 86-95.
Herlina. 2013. The Effect of Cooperative Group Investigation Technique and Motivation towards The Eighth Grade Students’ Reading Comprehension. Junior High School Number 1 of Belitang - OKU Timur.
Hibbard, M. K. & Wagner A. E. 2003. Assessing and Teaching Reading Assessing and Teaching Reading Comprehension and Writing, 3-5, Taylor & Francis.
Idayanti. R.D. (2019). THE APPLICATION OF GROUP INVESTIGATION METHOD IN IMPROVING THE STUDENTS SPEAKING SKILL AT THE FIRST GRADE STUDENTS OF SMA NEGERI 9 MAKASSAR. Muhammadiyah University Unpublished Thesis Proposal.
Karbalaei, A. 2010. A Comparison of the Metacognitive Reading Strategies Used by EFL and ESL Readers. Mysore University India. Published Journal.
KEBUDAYAAN, M. P. D., & INDONESIA, R. (2020). Surat Edaran Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona virus Disease (COVID-19).
Maleng, A. V., & Hartati, E. (2021). Implementing Group Investigation to Learn Reading for Senior High School Students. Language Circle: Journal of Language and Literature, 15(2), 183-192.
Marpaung, M. (2017). The effect of the direct method on the reading comprehension ability of second year students at SLTP Advent 4 Paal Dua, Manado. Acuity: Journal of English Language Pedagogy, Literature and Culture, 2(1), 61-69.
Maryani and Fatmawati. 2015. Definition of group investigation method. London: routledge and kengan paul.
Mufidah, A. (2015). The Application of Group Investigation (GI) in Speaking Class by an English Teacher at Tenth Grade of SMAN 4 Kediri in Academic Year 2015-2016. Unpublished Thesis: Faculty of Teacher Training and Education, University of Nusantara PGRI Kediri.
Ningrum, L. (2019). The Application of STAD in Cooperative Learning to Improve Students’ English Learning Outcomes (A Case Study of The Fifth Graders Of Insan Teratai Elementary School, Tangerang of Academic Year of 2018/2019) (Doctoral dissertation, Universitas Buddhi Dharma).
Pramusita, S. M. (2019). COOPERATIVE LEARNING OF ENGLISH AMONG VERY YOUNG LEARNERS: INTRINSIC CASE STUDY (Doctoral dissertation, SANATA DHARMA UNIVERSITY).
Rusman. 2012. “Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru”. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Slavin, R. 2009. E. 1995. Cooperative Learning. Theory, Research, and Practice.
Sudarsana, I. K. (2018). Pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap peningkatan mutu hasil belajar siswa. Jurnal Penjaminan Mutu, 4(1), 20-31.
Suroso, S. (2019). The Effects of Learning Motivation towards Student’s Learning Achievement in English. Lexeme: Journal of Linguistics and Applied Linguistics, 1(2).
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/cling.v4i2.2746
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals
STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
CAKRAWALA LINGUISTA
e-ISSN : 2597-9787
p-ISSN : 2597-9779
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285245145680
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
Cakrawala Linguista is Indexed By