PENGGUNAAN MEDIA KARIKATUR BERKONTEKS SOSIAL KULTURAL UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS OPINI DALAM BENTUK ARTIKEL PADA SISWA KELAS XII IPS 3 SMA NEGERI 1 WIROSARI TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Dwi Setyo Purnomo

Abstract


Menulis opini merupakan salah satu materi pembelajaran yang menarik dan bermanfaat untuk diajarkan kepada siswa. Namun, pembelajaran menulis opini dalam bentuk artikel belum menunjukkan hasil yang memuaskan (optimal). Hal ini disebabkan oleh faktor internal dan faktor eksternal. Strategi dan media yang diterapkan guru selama ini kurang bervariasi. Selama ini pembelajaran menulis opini yang dilakukan guru masih menggunakan strategi ceramah dan pemberian contoh. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk meningkatkan keterampilan siswa kelas XIIIPS 3 SMA Negeri 1Wirosari dalam menulis opini dalam bentuk artikel, digunakan media karikatur berkonteks sosiokultural dengan pendekatan proses dalam pembelajaran. Penelitiantindakan kelas (PTK)yang dilakukan selama tiga bulan dalam tahun 2019 ini, dimaksudkanuntuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan menulis opini dalam bentuk artikel pada siswa kelas XIIIPS 3 SMA Negeri 1Wirosari setelah mendapat pembelajaran dengan media karikatur berkonteks sosiokultural. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan mendeskripsi perubahan tingkah laku siswa kelas XIIIPS 3 SMA Negeri 1Wirosari setelah mendapat pembelajaran dengan media karikatur berkonteks sosiokultural. Setelah melalui dua kali siklus, ternyata keterampilan menulis opini dalam bentuk artikel pada siswa meningkat dan adanya perubahan tingkah laku siswa kelas XIIIPS 3 SMA Negeri 1Wirosari. Berdasarkan hasil penelitian, guru hendaknya mampu memilih pendekatan, strategi, teknik, dan bahan ajar yang tepat dan kreatif sehingga dapat menciptakan proses pembelajaran yang efektif dan menyenangkan bagi siswa. Selain memilih strategi dan media yang tepat, menarik, dan berguna, dalam pembelajaran menulis opini untuk siswa SMA kelas XII, guru juga sebaiknya menentukan tema yang aktual dan sesuai dengan kondisi sosial dan budaya siswa untuk menstimulasi siswa dalam menulis opini dalam bentuk artikel

Keywords


Bahan Ajar, Kearifan Lokal, Kajian Fiksi

Full Text:

PDF

References


Achmadi, Muchsin. 1988. Materi Dasar Pengajaran Komposisi BahasaIndonesia. Jakarta: Depdikbud Direktorat Pendidikan Tinggi ProyekPengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan.

Akhadiah, Sabarti, dkk. 1991/1992. Bahasa Indonesia II. Jakarta: DepdiknasDirektorat Jenderal Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan TenagaKependidikan.

Arsjad, Maidar. 1987. ”Kriteria Penilaian Karangan”. Majalah PembinaanBerbahasa Indonesia. Tahun 8. Nomor 4. Hlm. 217-228. Jakarta: FPBSIKIP Negeri Jakarta.

Ataladjar, Kaswan. 1997. Ensiklopedi Nasional Indonesia Jilid 14. Jakarta: PTCipta Adi Nugroho.

Aziez, Furqanul dan A. Chaedar Alwasilah. 2000. Pengajaran BahasaKonunikatif: Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Darmadi, Kaswan. 1996. Meningkatkan Kemampuan Menulis: Panduan untukMahasiswa dan Calon Mahasiswa. Yogyakarta: ANDI.

Depdiknas. 2003. Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran BahasaIndonesia Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Pusat Kurikulum,

Djiwandono, M. Soenardi.1996. Tes Bahasa dalam Pengajaran. Bandung: ITB.

Gie, The Liang. 2002. Terampil Mengarang. Yogyakarta: ANDI.

Junaidi, Kurniawan. 1991. Ensiklopedi Pers. Jakarta: Gramedia

Keraf, Gorys. 1997. Komposisi sebuah Pengantar Kemahiran Berbahasa. EndeFlores: Nusa Indah.

--------.1983. Argumentasi dan Narasi. Jakarta: Gramedia

Mulyati, Yeti. 1999. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi.Semarang: Universitas Terbuka.

Mustakim. 1994. Membina Kemampuan Berbahasa: Panduan ke Arah KemahiranBahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra.Edisi Ketiga.Yogyakarta: BPFE.

Rahman. 2005. “Model Pembelajaran Menulis Kalimat”. Bahasa & Sastra. April2005. Volume 5, Nomor 1. Hlm. 69-83. Bandung: FBS UniversitasPendidikan Indonesia.

Rofiudin, Ahmad. 1996. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di KelasTinggi. Jakarta: Proyek Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar.

Rohani, Ahmad. 1997. Media Intruksional Edukatif. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Semi, M. Atar. Tidak Ada Tahun. Rancangan Pengajaran Bahasa dan SastraIndonesia. Bandung: Angkasa.

Semiawan, Conni. 1985. Pendekatan Proses. Jakarta: Gramedia

Soeparno. 1980. Media Pengajaran Bahasa. Yogyakarta: IKIP Yogyakarta.

Subana, M. dan Sunarti. Tidak Ada Tahun. Strategi Belajar Mengajar BahasaIndonesia. Bandung: Pustaka Setia.

Sudjana, Nana dan Ahmad Rifa’i. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar BaruAlgesindo.

Suyatinah. 2003. “Peningkatan Keefektifan pembelajaran Menulis di Kelas II SDNegeri Ngaglik Sardonoharjo dengan Menggunakan Pendekatan Prosesdan Media Gambar”. Jurnal Penelitian dan Evaluasi. Tahun V. Nomor6. Hlm. 128-142. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Syamsiyah, Siti. 2002. Peningkatan Keterampilan Menulis Deskripsi denganMedia Gambar Seri di SLTP Kaliwiro Kabupaten Wonosobo. Skripsi.FBS Universitas Negeri Semarang, Semarang.

Tarigan, Djago. 1981. Membina Keterampilan Menulis Paragraf danPengembangannya. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Djago. 2003. Pendidikan Keterampilan Berbahasa. Semarang: PusatPenerbitan Universitas Terbuka.

Tarigan, Henry Guntur. 1986. Menulis sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa.Bandung: Angkasa.

Wiyanto, Asul. 2004. Terampil Menulis Paragraf. Jakarta: PT GramediaWidiasarana Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/cling.v2i1.1295

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals

STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

CAKRAWALA LINGUISTA

e-ISSN : 2597-9787

p-ISSN : 2597-9779


Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] / Wa : +6285245145680

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

Cakrawala Linguista is Indexed By

 


  Creative Commons License

CAKRAWALA LINGUISTA is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.