KEEFEKTIFAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL SEBAGAI PENUNJANG MATA KULIAH KAJIAN FIKSI

Saptiana Sulastri, Mai Yuliastri Simarmata, Mesterianti Hartati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keefektifan bahan ajar berbasis kearifan lokal sebagai penunjang mata kuliah kajian fiksi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan bentuk penelitian Research and Development (R dan D). Subjek yang dipilih mahasiswa kelas C pagi dengan jumlah 40 mahasiswa. Instrumen pengumpul data adalah tes penguasaan materi kajian fiksi, wawancara, dan observasi. Untuk menganalisis keefektifan dari bahan ajar berbasis kearifan lokal sebagai penunjang mata kuliah kajian fiksi menggunakan desain pre eksperimental: one group pretest-posttest design. Berdasarkan output test statistics di atas, diketahui Asympg.sig. (2-tailed) bernilai 0,00. Karena nilai 0,00 < 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima. Artinya terdapat perbedaan yang signifikan (nyata) antara penguasaan materi kajian fiksi sebelum dan sesudah menggunakan bahan ajar Kajian Fiksi. Dapat disimpulkan, bahwa ada pengaruh penggunaan bahan ajar berbasis kearifan lokal sebagai penunjang mata kuliah Kajian Fiksi mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

Keywords


Bahan Ajar, Kearifan Lokal, Kajian Fiksi

Full Text:

PDF

References


Brata, Ida Bagus. 2016. Kearifan Budaya Lokal Perekat Identitas Bangsa. Jurnal Bakti Saraswati Vol. .5 No. 1.

Dewi. 2019. Buku sebagai Bahan Ajar Sebuah Perbandingan Buku Teks Bahasa Inggris di Indonesia dan di Thailand. Sukabumi: CV Jejak.

Lestari, Ika 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Padang: Akademia.

Muslich, Mastur. 2010. Text Book Writing. Jogjakarta: Ar-ruz Media.

Pannen, Pulina dan Purwanto. 2001. Penulisan Bahan Ajar. Jakarta: Pusat Antar Universitas untuk Peningkatan dan Pengembangan Aktivitas Instruksional Ditjen Dikti Diknas

Pujiati. 2007. Pengembangan Bahan Ajar Praktikum Pengantar Akuntansi. Jurnal Ekonomi dan Pendidikan. Vol. 4 Nomor 2.

Ratna, Nyoman Kutha. 2011. Antropologi Sastra (Peranan Unsur-unsur Kebudayaan dalam Proses Kreatif). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Reni, dkk. 2016. Kearifan Lokal Dalam Kumpulan Cerpen Siswa Kelas XI SMAN 1 Kepanjen. Jurnal Pendidikan: Teroi, Penelitian, dan Pengembangan Vol.1,No.9.Hal:1817-1829.

Sularso, Pryo dan Yuli Maria. 2017. Upaya Pelestarian Kebudayaan Lokal Melalui Ekstrakurikuler Karawitan di SMP Negeri 1 Jiwan tahun 2016. Citizenship Jurnal Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Vol.5, No.1.

Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003

Widodo, Chomsin S. dan Jasmadi. 2008. Panduan Menyusun Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Jakarta: PT. Elex Media Kompetindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/cling.v2i1.1288

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals

CAKRAWALA LINGUISTA

e-ISSN : 2597-9787

p-ISSN : 2597-9779

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) SIngkawang

Address : STKIP SIngkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584


E-mail Editor in Chief: cakrawala@journal.stkipsingkawang.ac.id / cakrawalalinguista.stkipskw@gmail.com / Wa : +6285245145680

Coordinator: lp2jistkipsingkawang@gmail.com / journal@stkipsingkawang.ac.id / Wa: +6282142072788

Plagiarism Tools

     

  Creative Commons License

Cakrawala Linguista is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.