Pengaruh Metode Pembelajaran Improve terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel Kelas X SMA Negeri 4 Singkawang

Nurul Amala, Mariyam Mariyam, Nindy Citroresmi Prihatiningtyas

Abstract


Secara khusus penelitian ini bertujuan; 1) Untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran improve terhadap pemahaman konsep pada materi sistem persamaan linear tiga variabel; 2) Untuk mengetahui aktivitas siswa selama diterapkannya metode improve; 3) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa setelah dilaksanakannya metode improve. Jenis penelitian ini adalah True Eksperimental dengan desain penelitian Posttest Only Control Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes pemahaman konsep matematis siswa, lembar obsevasi aktivitas siswa, dan angket motivasi belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh metode pembelajaran improve terhadap pemahaman konsep matematis siswa kelas X SMA Negeri 4 Singkawang 2) aktivitas belajar siswa  selama diajarkan dengan metode improve tergolong aktif; 3) Motivasi belajar siswa setelah diajarkan dengan metode improve tergolong tinggi.

Keywords


Metode Improve; Pemahaman Konsep Matematis; Motivasi Belajar Siswa

Full Text:

PDF

References


Abdillah, H. M. (2015). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas VIII di SMP Negeri2 Sumbergempol Tulungagung Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Tulungagung: IAIN Tulungagung. Tidak Dipublikasikan.

Afrilianto, Muhammad. (2012). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Kompetensi Strategis Matematis Siswa SMP dengan Pendekatan Metaphorical Thinking. Jurnal STKIP Siliwangi Bandung, 1(2), 192-202.

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Astriana, M., Murdani, E., & Mariyam. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi Operasi Bilangan Pecahan. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 2(1), 27-31.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Huda, N., & Kencana, A. G. (2013). Analisis Kesulitan Siswa Berdasarkan Kemampuan Pemahaman dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Kubus dan Balok di Kelas VIII SMP Negeri 30 Muaro Jambi. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung, Jambi.

Laksono, P. R. (2014). Penerapan Pembelajaran dengan Metode Improve pada Materi Pertidaksamaan di Kelas X-B SMAN 1 Kaumang Tulungagung. Jurnal ilmiah dapat dilihat http://www.scribd.com/doc/236461053/penerapan-pembelajaran-dengan-metode-improve-pada-materi-pertidaksamaan-di-kelas-X-B-SMAN-Kaumang-Tulungagung#download (diakses 18 November 2016)

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2017). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung:PT Refika Aditama.

Murizal, A., Yarman., & Yerizon. (2012). Pemahaman Konsep Matematis dan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 19-23.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Permatasari, I. (2014). Pengaruh Metode Improve terhadap Kemapuan Berfikir Kritis Matematis Siswa. Skripsi. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Tidak Dipublikasikan.

Purnamadewi, J.A. (2013). Keefektifan Pembelajaran Metode Improve dengan Pendekatan PMRI terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VII Materi Segiempat. Skripsi. Semarang: Fakultas MIPA Universitas Negeri Semarang. Tidak Dipublikasikan.

Sumarni, M. L. (2014). Pengaruh Metode Role Playing terhadap Hasil Pembelajaran PKN Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Artikel Penelitian Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tanjungpura. Pontianak.

Susilo, Y., & Khabibah, S. (2013). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together (NHT) Materi Ajar Perbandingan dan Fungsi Trigonometri pada Siswa Kelas X. Jurnal Jurusan Matematika, Fakultas MIPA, Universitas Negeri Surabaya.

Zulkardi. (2003). Pendidikan Matematika di Indonesia: Beberapa Permasalahan dan Upaya Penyelesaiannya. Palembang: UNSRI.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) SIngkawang

Address : STKIP SIngkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Email of Editor in Chief: variabel@journal.stkipsingkawang.ac.id / variabel.stkipskw@gmail.com /Wa : +6285310307312

Plagiarism Tools

     

  Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.