Analisis Kompetensi Strategis Matematis Siswa pada Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel (SPLTV) Kelas X SMK Negeri 3 Singkawang

Junaidi Sigit, Citra Utami, Nindy Citroresmi Prihatiningtyas

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan, bentuk kesalahan, dan factor penyebab kompetensi strategis matematis siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 3 Singkawang dengan jumlah 30 siswa. Pengambilan data menggunakan instrumen berupa tes uraian yang disesuaikan dengan kemampuan kompetensi strategis matematis dan telah diuji menggunakan validasi isi, validasi konstruk, reliabilitas, daya pembeda, dan tingkat kesukaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah penskoran, pedeskripsian data, dan wawancara. Hasil Penelitian menunjukan bahwa tingkat kemampuan strategis matematis siswa kelas X SMK Negeri 3 Singkawang pada materi Sistem persamaan linier tiga variabel secara keseluruhan berada pada kategori sedang dengan rata-rata persentase nilai sebesar 52,84%. Bentuk kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linier tiga variabel kelas X SMK Negeri 3 Singkawang yaitu kesalahan konsep (salah memahami dan menerjemahkan soal dalam kalimat matematika), kesalahan prinsip (Salah dalam memilih rumus dan jawaban akhir), dan kesalahan operasi (salah melakukan operasi hitung). Faktor yang mempengaruhi kemampuan kompetensi strategis matematis siswa pada materi sistem persamaan linier tiga variabel kelas X SMK Negeri 3 Singkawang berasal dari faktor kognitif yaitu kesalahan konsep (tidak memahami perintah soal), kesalahan prinsip (tidak mampu mengembangkan ide), dan kesalahan operasi (ketelitian).

Keywords


Kompetensi Strategis Matematis; Sistem Persamaan Linier Tiga Variabel

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Gailea, N. P. (2013). Peningkatan Kemampuan Kompetensi Strategis serta Kemandirian Belajar Siswa melalui Pendekatan SAVI. Skripsi. Bandung: UPI. Tidak Dipublikasikan.

Kilpatrick, S. & Findell. (2001). Adding It Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press.

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mursid. (2014). Analisis Strategic Competence (Kompetensi Strategis) Siswa Tipe Melankolis dalam Menyelesaikan Soal Matematika pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) Kelas VIII SMP Jambi. Skripsi. Jambi: FKIP Universitas Jambi. Tidak Dipublikasikan.

PISA. (2013). Result and Framework. http://en.wikipedia.org. (Diakses tanggal 27 Febuari 2017).

Rangkuti, A. N. (2014). Konstruktivisme dan Pembelajaran Matematika. Jurnal Darul Ilmi, 2(2), 61-76.

Soedjadi. (2000). Kiat Pendidikan Matematika Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Soleh, M. (1998). Pokok-Pokok Pengajaran Matematika Sekolah. Jakarta: Depdikbud.

Spencer, M. Lyle & Spencer, M. Signe. (2006). Competence at Work Revisi Edition: Model for Superior. New York: Wiley.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suherman. (2013). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Syukriani. A. (2016). Kompetensi Strategis Siswa SMA Berkemampuan Tinggi dalam Menyelesaikan Masalah Matematika. Prosiding Seminar Nasional, 2(1), 83-91.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) SIngkawang

Address : STKIP SIngkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Email of Editor in Chief: variabel@journal.stkipsingkawang.ac.id / variabel.stkipskw@gmail.com /Wa : +6285310307312

Plagiarism Tools

     

  Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.