Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Higher Order Thinking Skills Peserta Didik SMA Negeri di Kota Singkawang pada Materi Hukum Archimedes

Falwi Uji Flamboyant, Eka Murdani, Soeharto Soeharto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan Higher Order Thinking Skills (HOTS) peserta didik setelah diterapkannya model Problem Based Learning (PBL), (2) mengetahui persentase HOTS peserta didik sebelum dan setelah diterapkannya model PBL, dan (3) mengetahui pengaruh PBL terhadap HOTS peserta didik pada materi hukum Archimedes. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan desain penelitian pre-experimental dan jenis desain one group pretest-posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPA dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling dengan jumlah sampel sebanyak 23 orang. Instrumen yang digunakan berupa tes HOTS yang sebelumnya telah diujicobakan dengan reliabilitas sebesar 0,65. Deskripsi HOTS peserta didik dianalisis menggunakan Rasch Model diperoleh bahwa kemampuan menganalisis merupakan kemampuan yang paling banyak dikuasai oleh peserta didik, diikuti oleh kemampuan mencipta, dan terakhir kemampuan mengevaluasi. Persentase HOTS peserta didik dianalisis menggunakan aplikasi Microsoft Excel diperoleh bahwa kemampuan menganalisis dan mencipta mengalami peningkatan sebesar 2,72%, dan kemampuan mengevaluasi mengalami peningkatan sebesar 6,16%. Sedangkan untuk mengetahui pengaruh model PBL terhadap HOTS dianalisis menggunakan effect size, diperoleh bahwa PBL memiliki pengaruh terhadap HOTS peserta didik sebesar 0.53 dengan kategori sedang.

Keywords


Problem Based Learning; Higher Order Thinking Skills; Hukum Archimedes

Full Text:

PDF

References


Arifiyanti, Fitria. (2016). Pengembangan Physics Comprehensive Contextual Teaching Material Berbasis KKNI Pada Materi Usaha dan Energi Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skills dan Scientific attitude Peserta. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Tidak Dipublikasikan.

Direktorat Pembinaan SMA. (2015). Penyusunan Soal Higher Order Thinking Skill’s. Jakarta: Direktorat Jendral Pendidikan Menengah Kemendikbud.

Dunst, C.J., Hamby, D.W., & Trivette, C.M. (2004). Guidelines for Calculating Effect Sizes for Practice-Based Research Syntheses. Evidence-Based Approaches to Early Childhood Development, 3(1).

Eggen, P., & Kauhack, D. (2012). Starategi dan Model Pembelajaran Mengajarkan Konten dan Keterampilan Berpikir( Edisi Keenam). (Terjemahan Satrio Wahono). Jakarta: PT. Indeks.

Hidayati, A.U. (2017). Keefektifan Pendekatan Problem Based Learning dan Pendekatan Saintifik Ditinjau dari Higher Order Thinking Skills dan Karakter siswa Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Semester Genap. Tesis. Yogyakarta: Program Pascasarjana Universitas Negeri Yogyakarta. Tidak Dipublikasikan.

Jayanti, R.A., dkk. (2016). Efektivitas Pembelajaran Fisika Model Problem Based Learning (PBL) Melalui Metode POE Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Program Studi Pendidikan Fisika Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan IAIN Raden Intan Lampung. pp. 208-214.

Kemendikbud. (2016). Lampiran Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 Tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kemendikbud. (2015). Hasil Ujian Nasional 2015. http://118.98.234.50/lhun/ grafik.aspx. (Diakses tanggal 27 Juli 2017).

Ramos, J.L.S., et al. (2013). Higher Order Thinking Skillss and Academic Performance in Physics of College Students: A Regression Analysis. International Journal of Innovative Interdisciplinary Research. 48-60.

Rhem, J. (1998). Problem-Based Learning: An Introduction. Dalam Featured Articles, 8(1).

Salkind, N.J. (2007). Encyclopedia Of Measurement And Statistics. California: Sage Publications Inc.

Sumarli, S. (2018). Analisis Model Pembelajaran Tipe Think-Pair-Share Berbasis Pemecahan Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(1), 8-13.

Sumarli, S., Nugroho, S. E., & Yulianti, I. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Berpendekatan Inquiry terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa. Physics Communication, 2(1), 63-69.

Suparno, Paul S.J. (2013). Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivistik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.

Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

The Economic Intellegence Unit. (2014). The Learning Curve Report. London: Pearson.

Tipler, Paul A. (1998). Fisika Untuk Sains dan Teknik Jilid 1. Jakarta: Penerbit Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute for Managing and Publishing Scientific Journals

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) SIngkawang

Address : STKIP SIngkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Email of Editor in Chief: variabel@journal.stkipsingkawang.ac.id / variabel.stkipskw@gmail.com /Wa : +6285310307312

Plagiarism Tools

     

  Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.