Pengaruh Strategi Pembelajaran Inkuiri (SPI)Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII SMP Negeri 18 Singkawang

Buyung Buyung, Ressy Nirawati, Intan Kusumawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas belajar siswa melalui SPI pada materi persamaan garis lurus, mengetahui pengaruh SPI terhadap peningkatan kemampuan pemahaman konsep siswa pada persamaan garis lurus, mengetahui respon siswa melalui SPI pada persamaan garis lurus. Penelitian ini diadakan pada siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Singkawang , penelitian ini menggunakan pre eksperimental. Rancangan one grup pre-test post-test design. Rancangan ini pertama dilakukan pengukuran berupa pre-test kemudian diberikan perlakuan dengan jangka waktu tertentu, kemudian dilakukan pengukuran berupa post-test. Instrumen tes berupa tes essay yang telah diujicobakan, reliabilitas sebesar 0,45 dengan kriteria sedang. Berdasarkan perbandingan hasil tes awal (pre-test) sebelum perlakuan dan hasil tes akhir (post-test) setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan SPI, ditemukan bahwa hasil post-test lebih tinggi dari hasil pre-test  yaitu dari rata-rata 34,26 dan 63,04. Hasil perhitungan untuk lembar pengamatan aktivitas diperoleh persentase perilaku siswa aktif lebih besar dari pada siswa yang pasif (83,95% > 15,61%). Hasil analisis terhadap respon siswa diperoleh jumlah persentase siswa yang memilih SS (Sangat setuju) dan S (setuju) lebih besar dari siswa yang memilih R (Ragu), TS (tidak setuju) dan STS (sangat tidak setuju) yaitu (84,71% > 15,27%). Respon siswa terhadap pembelajaran dengan SPI positif. Berdasarkan uraian yang telah dikemukakan, pembelajaran dengan menggunakan SPI pada materi persamaan garis lurus bagi siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Singkawang  terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep, aktivitas baik dan respon siswa terhadap SPI adalah positif (senang).

Full Text:

PDF

References


Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. (2014). Perencanaan Dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: kharisma putra utama offset.

Kasmad, M. (2012). Model-model Pembelajaran Berbasis PAIKEM. Tangerang: PT PUSTAKA MANDIRI.

Kasmadi dkk. (2013). Panduan Modern Penelitian Kuantitatif. Bandung: ALFABETA.

Sanjaya,W. (2013). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Fajar interpratama mandiri.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, Dan R&D. Bandung: ALFABET, cv

Sutarsih. (2012). Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Peningkatan Pembelajaran Mata Pelajaran Matematika Di Kelas SD.

Song, Y & Looi, C. 2012. Linking Teacher Beliefs, Practices And Student Inquiry-Based Learning In A CSCL Environment: A Tale Of Two Teachers. Computer-Supported Collaborative Learning (2012) 7:129–159. DOI 10.1007/S11412-011-9133-9.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v1i2.88

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

JPMI Indexed by:

       Google Scholar 

Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

JPMI (Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika Indonesia)

e-ISSN: 2477-8443

p-ISSN: 2477-5959  

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) SIngkawang

Address : STKIP SIngkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Email Cordinator: jpmi@stkipsingkawang.ac.id/lp2jistkipsingkawang@gmail.com/Wa : +6285245101122

Plagiarism Tools

     

  

 

Creative Commons License
JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.