Penerapan Engaged Learning Strategy Dalam Menumbuhkembangkan Tanggung Jawab Belajar dan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Menengah Atas

Libri Kartika S

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap tanggungjawab belajar dan kemampuan koneksi matematis siswa pada materi Fungsi Logaritma di kelas X IPA SMA Negeri 3 Singkawang yang menerapkan Engaged Learning Strategy.  Dalam penelitian ini yang dimaksud dengan tanggung jawab belajar adalah sikap dan perilaku siswa yang menunjukkan kepatuhan umum dengan standar perilaku yang diharapkan serta komitmen sehubungan dengan belajar akademik siswa, yang bisa dilihat dari aspek-aspek seperti: (1) Memiliki Inisiatif, Otonomi dan Kendali Belajar (2) Berpartisipasi Aktif dalam Pembelajaran, (3) Orientasi Positif terhadap Sekolah, (4) Mampu Memanajemen Sumber Belajar. Sedangkan kemampuan koneksi matematis adalah kemampuan siswa menemukan dan menggunakan keterkaitan antar konsep dalam matematika dan kemampuan siswa menemukan dan menggunakan keterkaitan konsep matematika dengan masalah dalam kehidupan sehari-hari. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment (Eksperimen Semu) dengan rancangan one-group pre-test post-test design, dimana kemampuan koneksi matematis 37 siswa dalam pembelajaran diukur sebelum dan setelah pembelajaran yang menerapkan Engaged Learning Strategy. Dalam penelitian ini, tanggung jawab belajar diukur dengan menggunakan kuesioner penilaian diri sedangkan kemampuan koneksi matematis siswa diukur dengan menggunakan tes uraian. Hasil penilaian diri kemudian diolah dengan skala Likert yang dikonversi menjadi data kuantitatif sementara hasil tes uraian diolah dengan mengacu pada pedoman penskoran. Hasil analisis data menunjukkan secara umum tanggung jawab belajar siswa meningkat sebesar 6 % dimana peningkatan terbesar adalah indikator Berpartisipasi Aktif dalam pembelajaran. Hal ini terjadi karena masalah nyata yang digunakan dalam pembelajaran sehingga dapat memotivasi siswa untuk menginvestasikan minatnya dalam belajar. Sedangkan untuk kemampuan koneksi matematis dibatasi dalam penelitian ini hanya untuk koneksi dengan kehidupan sehari-hari dan antar konsep matematika. Secara keseluruhan kemampuan koneksi matematis mengalami peningkatan skor rata-rata sebesar 1,5%.

Full Text:

PDF

References


NCTM. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. Reston, VA : NCTM

Saepulloh, M. Nur 2014 Perbandingan Peningkatan Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa SMP antara Yang Mendapatkan Pembelajaran Dengan Menggunakan Strategi Konflik Kognitif Piaget dan Hasweh. UPI

Triyono, Anjar. 2011. Identifikasi faktor penyebab kesulitan belajar matematika di kelas rendah SD Negeri Karangtengah 1 Kecamatan Sananwetan Kota Blitar. [Online]. Tersedia http://library.um.ac.id/free-contents/index.php/pub/detail/identifikasi-faktor-penyebab-kesulitan-belajar-matematika-di-kelas-rendah-sd-negeri-karangtengah-1-kecamatan-sananwetan-kota-blitar-anjar-triyono-48376.html [3Mei 2013]

Kartina; Samanhudi; Aisyah dkk. 2011. Active Learning and Student Engagement in Mathematics at Madrasah Ibtidâ’iyah Al-Jauharotunnaqiyah. UNTIRTA

Hesty. 2007. Implementasi Model Pembelajaran Tematik Untuk Meningkatkan Kemampuan Dasar Siswa Sekolah Dasar. Tesis, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia (tidak diterbitkan)

Schunk, D.H. 1990. Goal Setting and Self-Efficacy During Self-Regulated Learning [Online] Tersedia : http://www.tandf.co.uk/journals/ ‎ [8 April 2013]

Erickson, D. K. 1999. A Problem-Based Approach to Mathematics Instruction. Connecting Research to Teaching. Vol. 92, No. 6

Taufiq. 2011. Manajemen Kedisiplinan Siswa Sekolah Dasar Studi Multi Kasus pada Sekolah yang Menerapkan Model Sistem Half Day School, Full Day School dan Boarding School [Online] Tersedia : http://www.karya-ilmiah.um.ac.id/ ‎ [3 Juni 2015]

Astuti, CP. Pengaruh Bimbingan Belajar Orang Tua Terhadap Tanggung Jawab Belajar Anak Kelas IV SD Pangudi Luhur Don Bosco Semarang Tahun Pelajaran 2003/2004. Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Hersovics, N. 1989. Cognitive Obstacles Encountered in the Learning of Algebra. In S.Wagner & C. Kueran (Eds.), Research issues in the learning and teaching of algebra. Hillscale: Lawrence Erlbaum.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v1i2.84

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

JPMI Indexed by:

       Google Scholar 

Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

JPMI (Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika Indonesia)

e-ISSN: 2477-8443

p-ISSN: 2477-5959  

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) SIngkawang

Address : STKIP SIngkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Email Cordinator: jpmi@stkipsingkawang.ac.id/lp2jistkipsingkawang@gmail.com/Wa : +6285245101122

Plagiarism Tools

     

  

 

Creative Commons License
JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.