Penggunaan Model Kooperatif Tipe CIRC Berbasis Konstruktivisme Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa

Yusak I Bien

Abstract


Sebagian besar siswa mempunyai kemampuan berhitung (komputasi) dalam menyelesaikan soal matematika tetapi bila diberikan soal cerita mereka mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal itu. Hal tersebut terindikasi bahwa kemampuan siswa dalam memahami dan merancang model matematika masih rendah, masalah tersebut terkait dengan masalah kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) ketuntasan kemampuan komunikasi matematis siswa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC berbasis konstruktivisme, (2) perbedaan kemampuan komunikasi matematis pada kedua kelas sampel yang dipilih berdasarkan kategori kelompok kemampuan komunikasi matematis awal siswa. Penelitian ini termasuk penelitian quasi experimental dengan pendekatan kuantitatif yang didesain dalam bentuk non-equivalent (pre-test and post-test control-group design). Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diajarkan menggunakan model kooperatif tipe CIRC berbasis konstruktivisme mengalami ketuntasan baik individual maupun klasikal, kemampuan komunikasi matematis siswa pada kelas yang diajarkan menggunakan model kooperatif tipe CIRC berbasis konstruktivisme lebih baik dari siswa yang diajarkan tanpa menggunakan model tersebut berdasarkan kategori kemampuan komunikasi matematis awal siswa.

Full Text:

PDF

References


Baroody, A.J. 1993. Problem Solving, Reasoning, And Communicating, K-8 Helping Children Think Mathematically. New York: Macmillan Publishing Company.

Bicer, A., Capraro, R. M., & Capraro, M. M. 2013. “Integrating Writing into Mathematics Classroom to Increase Students’ Problem Solving Skills”. International Online Journal of Educational Sciences, 5(2): 361-369.

Capraro, R. M., Capraro, M. M., & Rupley, W. H. 2011. “Reading-enhanced word problem solving: A theoretical model”. European Journal of Psychology of Education, 27(1): 91-114.

NCTM. 2010. Curriculum and Evaluation Standard for School Mathematics. Reston: National Council of Teacher of Mathematics.

Durukan, E. 2011. “Effects of Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) Technique on Reading-writing Skills”. Educational Research and Reviews, 6(1): 102-109.

Karimah. 2013. “Pembelajaran Matematika Model Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Materi Segiempat Kelas VII”. DELTA, 1(2): 115-199.

Suherman, E, dkk., 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI.

Ratnawulan, E & Rusdiana, H. A. 2015. Evaluasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v1i2.83

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

JPMI Indexed by:

       Google Scholar 

Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

JPMI (Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika Indonesia)

e-ISSN: 2477-8443

p-ISSN: 2477-5959  

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) SIngkawang

Address : STKIP SIngkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Email Cordinator: jpmi@stkipsingkawang.ac.id/lp2jistkipsingkawang@gmail.com/Wa : +6285245101122

Plagiarism Tools

     

  

 

Creative Commons License
JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.