Kemampuan Literasi Matematis Space And Shape Dan Kemandirian Siswa SMA Pada Discovery Learning Berpendekatan RME-PISA

Urni Babys

Abstract


Rendahnya kemampuan literasi matematis siswa di Indonesia mengakibatkan peringkat Indonesia pada tes PISA rendah. Hal ini juga diakibatkan karena kurangnya kemandirian siswa dalam belajar di kelas, pembelajaran yang berpusat pada guru sehingga siswa pasif dan hanya menerima informasi dari guru membuat siswa mudah lupa materi yang diajarkan terutama materi bangun ruang yang masih sangat abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi  apakah kemampuan literasi matematis dan kemandirian siswa yang diajar dengan model Discovery Learning berpendekatan RME –PISA tuntas secara klasikal dan lebih baik daripada kemampuan literasi matematis dan kemandirian siswa yang diajar menggunakan model RME dan lebih baik daripada siswa yang diajar secara ekspositori. Penelitian ini termasuk penelitian semu yang menggunakan desain pretest-posttest control group. Data kemampuan literasi matematis dikumpulkan melalui tes kemampuan literasi matematis pada materi jarak dalam ruang dimensi tiga dengan soal-soal setara tes PISA, sedang data kemandirian siswa dikumpulkan dari hasil observasi selama proses pembelajaran. Temuan penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi matematis dan kemandirian siswa yang diajar dengan model Discovery Learning berpendekatan RME –PISA tuntas secara klasikal dan lebih baik daripada siswa yang diajar dengan model RME, lebih baik daripada siswa yang diajar secara ekspositori.

Full Text:

PDF

References


Stacey, K. 2010. “The View of Mathematical Literacy in Indonesia”. Journal on Mathematics Education (IndoMS-JME),Volume. 2. Hal: 1-24.

Suryosubroto. 2002, Proses Belajar Mengajar di Sekolah. Jakarta: Rineka Cipta.

Isnarto. 2014. “Kemampuan Konstruksi Bukti dan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa pada Perkuliahan Struktur Aljabar Melalui Guided Discovery Learning Pendekatan Motivation to Reasoning and Proving Tasks”. Disertasi. Semarang: Program Pascaserjana UNNES

Risqi dan Samsul. 2014. “Pengaruh Penggunaan Metode Discovery Terhadap Kemampuan Analogi Matematis Siswa Smk Al-Ikhsan Pamarican Kabupaten Ciamis Jawa Barat”. Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol 3, No.1.

Balim, A. G. 2009. The Effects of Discovery Learning on Students’ Success and Inquiry Learning Skills. Eurasian Journal of Educational Research, Issue 35, Spring 2009, 1-20.

Wijaya, A. 2012. Pendidikan Matematika Realistik: Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Somayasa, W. Natajaya N. & Candiasa M. 2013. “Pengembangan Modul Matematika Realistik disertai Asesmen Otentik Untuk meningkatkan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas X di SMK Negeri 3 Singaraja”. e – Journal Program Pascasarjana Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol. 3

Wardono, & Mariani, S. 2014. “The Realistic Learning Model With Character Education And PISA Assessment To Improve Mathematics Literacy”. International Journal of Education and Research. Vol.2 No.7. Hal 361-372

Suherman, E. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Pendidikan Indonesia.

Suyono dan Haryanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

OECD, 2012. PISA 2012 Assesment and Analitytical Framework Mathematics Reading, Science, Problem Solving, and Financial Literacy. (online) (http://www.oecd.org diakses 8 Oktober 2014).

Sumahamijaya, S. Dkk. 2003. Pendidikan Karakter Mandiri dan Kewiraswastaan (Suatu Upaya bagi Keberhasilan Program Pendidikan Berbasis Luas/ Broad Based Education dan Life Skill). Bandung : Angkasa Bandung

Martins, O. O. dan Oyebanji, R. K. 2000. The effects of inquiry and lecture teaching approaches on the cognitive achievement of integrated science students. Journal of Science Teachers’ Association of Nigeria. 35 (1&2) 25-30.

Bajah, S.T & Asim, A.E . 2002. Construction and Science Learning Experimental evidence in a Nigerian Setting. World Council for Curriculum and Instruction (WCCI) Nigeria. 3 (1), 105-114.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v1i2.82

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

JPMI Indexed by:

       Google Scholar

 

Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

JPMI (Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika Indonesia)

e-ISSN: 2477-8443

p-ISSN: 2477-5959  

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) SIngkawang

Address : STKIP SIngkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Email Cordinator: journal@stkipsingkawang.ac.id / soehartostkipsingkawang@gmail.com /Wa : +6289636659622

Plagiarism Tools

     

  

 

Creative Commons License
JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.