Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Reciprocal Teaching

Khoerul Umam

Abstract


Kemampuan berpikir kritis matematis siswa berperan penting dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching. Metode penelitian yang digunakan adalah metode quasi-eksperimen. Sampel penelitian berjumlah 36 orang untuk kelas eksperimen dan 36 orang untuk kelas kontrol. Instrumen penelitian menggunakan tes essay yang telah didesain untuk mengukur kemampuan berpikir kritis matematis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat peningkatan kemampuan berpikir matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan reciprocal teaching dan (2) hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung 4,73 > ttabel  1,67 dapat diinterpretasi bahwa Model Pembelajaran Reciprocal Teaching memiliki pengaruh terhadap peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa.


Keywords


Reciprocal Teaching, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PT. Bumi Aksara.

Awaliah, R., & Idris, R. (2015). Pengaruh Penggunaan Model Reciprocal Teaching terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Balang- balang Kecamatan Bontomarannu Kabupaten Gowa. Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(1), 59–72.

Ennis, R. H. (1996). Critical Thinking Dispositions : Their Nature and Assessability. Informal Logic, 18(1996), 165–182.

Fachrurazi. (2011). Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan UPI, (1), 76–89. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Gowa, K. (2015). Pengaruh penggunaan model reciprocal teaching terhadap hasil belajar matematika siswa kelas viii mtsn balang-balang kecamatan bontomarannu kabupaten gowa. MaPan : Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 3(1), 59–72.

Hasanah, S., Rochmad, & I.Hidayah. (2012). Pembelajaran model reciprocal teaching bernuansa pendidikan karakter untuk meningkatkan kemampuan komuniasi matematis. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 1(2), 134–138.

Hendryawan, S., Yusuf, Y., Wachyar, T. Y., Siregar, I., & Dwiyanti, W. (2017). Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Matematis Siswa Smp Tingkat Rendah Pada Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Green’s Motivational Strategies. Aksioma, 8(2), 50–58.

Kowiyah. (2012). Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(5), 175–179.

Nisak, S. K., & Hadi, S. (2015). Analisis proses berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal peluang. In Prosiding (pp. 208–219).

Palu, S. M. P. N., Khaeri, F., & Hamid, A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Luas Permukaan Dan Volume Kubus Dan Balok Di Kelas VIII. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 02(03), 261–272.

Purwoko, Y. D., Pudjobroto, A. H., & Setyaningsih, E. (2013). THE USE OF RECIPROCAL TEACHING TO IMPROVE STUDENTS’ READING COMPREHENSION SKILL. English Education, 2(3), 394–401.

Rizky, I. De, Ariyanto, L., & Sutrisno. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas. In Prosiding - SEMINAR NASIONAL MATEMATIKA DAN PENDIDIKAN MATEMATIKA (2nd SENATIK) (pp. 139–145).

Schukajlow, S., Kolter, J., & Blum, W. (2015). Scaffolding mathematical modelling with a solution plan. ZDM - Mathematics Education, 47(7), 1241–1254. https://doi.org/10.1007/s11858-015-0707-2

Umam, K. (2011). Perbedaan Hasil Belajar Matematika dengan metode problem posing dan metode ekspositori. Paper disajikan dalam Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNESA (pp 339-345).

Umam, K. (2016). Pengaruh Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 84-92.

Umam, K., Purwanto, S. Edy., Aprilina, C. N (2016). Penggunaan Model Problem Based Learning Dengan Bantuan Software Geogebra Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Paper disajikan dalam Konferensi Nasional Pendidikan Matematika-VI Universitas Negeri Gorontalo, Gorontalo, Indonesia (pp 187-199).

Umam, K., Suswandari, N. A., Wibowo, I. T., & Rohim, S. (2017). The Effect of Think-Pair-Share Cooperative Learning Model Assisted With ICT on Mathematical Problem Solving Ability among Junior High School Students. Paper disajikan dalam Proceedings of the 26rd International Conference on Computers in Education (ICCE 2018), Christchurch, New Zealand (pp 94-98).

Umam, K., & Kowiyah, K. (2018). The Effect of Non-Routine Geometry Problem on Elementary Students Belief in Mathematics: A Case Study. JETL (Journal Of Education, Teaching and Learning), 3(1), 99-103.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v3i2.807

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

JPMI Indexed by:

       Google Scholar 

Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

JPMI (Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika Indonesia)

e-ISSN: 2477-8443

p-ISSN: 2477-5959  

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: jpmi@journal.stkipsingkawang.ac.id/ Wa: +6285245101122

Coordinator: lp2jistkipsingkawang@gmail.com / Wa: +6282142072788

Plagiarism Tools

     

Creative Commons License

JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.