Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Materi Peluang Kelas X MIPA

Alvia Hija, Resy Nirawati, Nindy Citroresmi Prihatiningtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation (GI) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi peluang kelas X MIPA SMA Negeri 1 Singkawang. Penelitian ini merupakan penelitian true experiment dengan desain penelitian posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MIPA SMA Negeri 1 Singkawang, dan pengambilan dengan teknik simple random sampling. Kelas yang dijadikan sampel adalah kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen yang diberikan pembelajaran model group investigation (GI), dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol yang diberikan pembelajaran konvensional. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji-t dua sampel dan effect size. Hasil penelitian menunjukkan : (1) data penelitian dianalisis menggunakan uji-t dua sampel diperoleh t_hitung= 7,61, sedangkan t_tabel  pada taraf signifikan 5% dengan dk = 66 adalah 1,67 sehingga t_hitung> t_tabel. Hal ini menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas yang diberikan model pembelajaran yang diberikan pembelajaran model GI lebih baik dibanding kelas yang diberikan pembelajaran konvensional. Dengan menggunakan uji effect size  diperoleh nilai ES= 1,305 > 0,8 dengan kategori tinggi, sehingga menunjukkan bahwa model pembelajaran GI berpengaruh besar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi peluang kelas X MIPA SMA Negeri 1 Singkawang; (2) hasil perhitungan aktivitas siswa  diperoleh rata-rata sebesar 84,31% dengan kategori sangat aktif; (3)respon siswa terhadap model pembelajaran GI pada materi peluang sebesar 77,94% maka dapat dikategorikan kuat.

Full Text:

PDF

References


Fariyah. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas X Pada Materi Inflasi di SMA Negeri 1 Candiroto Temanggung Tahun Pelajaran 2012/2013. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Tidak Dipublikasikan

Hamzah, Ali dan Muhlisrarini. 2013. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

. 2014. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Hidayat, Asep Taufik. 2016. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Bangun datar. Skripsi. Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung. Tidak Dipublikasikan.

Huda, Miftahul.2013. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran : Isu-isu Metodis dan Paradigmatik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Husna dkk.2013.Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Model Pembelajaran Kooperatif TipeThink Pair Share (TPS). Jurnal Peluang, Volume 1, Nomor 2, April 2013, ISSN :2302-5158.

Husna, Raudatul dkk. 2013.Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik Melalui Pendekatan Matematika Realistik pada Siswa SMP Kelas VII Langsa. Jurnal Pendidikan Matematika PARADIKMA, Vol 6. Nomor 2.

Ibrahim dan Suparni. 2012. Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta : Suka Press.

Jihad, Asep dan Haris, Abdul. 2008. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Presindo.

Kusumaningrum, Anggita Dwijayanti. 2013. Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Pada Materi Koperasi Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achivement Devision di SD Negeri Tegal Sari 8 Kota Tegal.Skripsi.Universitas Negeri Semarang.Tidak Dipublikasikan.

Musriandi, Riki. 2013. MoESel Pembelajaran Matematika Tipe

NCTM. 2000. Principles and Standard for School Mathematics. Reston : United States of America.

Permendiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Depdiknas.

Puspita, Anggi Ria. 2011. Respon Siswa SMP Negeri 3 Kelapa Bangka Belitung Terhadap Film Laskar Pelangi. Skripsi. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta. Tidak Dipublikasikan.

Rusman.2012. Model-model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada.

Sardiman. 2014. Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Sukasno. 2006. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Lubuk Linggau : STKIP-PGRI Lubuk Linggau.

Sumiati dan Asra.2007. Metode Pembelajaran. Bandung : CV Wacana Prima.

Walle, John A. Van de. 2008. Matematika Sekolah Dasar dan Menengah : Pengembangan Pengajaran. Jakarta : Airlangga.

Zulhemi. 2009. Penilaian Psikomotor dan Respon Siswa dalam Pembelajaran Sains Fisika melalui Penerapan Penemuan Terbimbing di SMP Negeri 20 Pekan Baru Jurnal Geliga Sains, Vol 3(2),8-13-2009, ISSN : 1978-502X




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.79

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

JPMI Indexed by:

       Google Scholar 

Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

JPMI (Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika Indonesia)

e-ISSN: 2477-8443

p-ISSN: 2477-5959  

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) SIngkawang

Address : STKIP SIngkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Email Cordinator: jpmi@stkipsingkawang.ac.id/lp2jistkipsingkawang@gmail.com/Wa : +6285245101122

Plagiarism Tools

     

  

 

Creative Commons License
JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.